Otomotif

Bukan Hanya Wiper, Ini Bagian Mobil yang Harus Diperiksa Saat Musim Hujan

fin.co.id - 2024-02-26 14:50:16 WIB

Ilustrasi banjir

FIN.CO.ID - Bulan Februari diprediksi masih akan terjadi curah hujan menengah hingga tinggi, sehingga akan berdampak kepada kendaraan.

Tidak hanya jalanan yang sangat licin, suhu udara yang lembap dapat berdampak kerusakan kepada kendaraan terlebih jika tidak mendapat perawatan ekstra dan rutin. 

Sebagai pemilik kendaraan, kita perlu memeriksa tingkat kehausan ban dan tekanan angin, serta sederet bagian lainnya dari kendaraan yang mesti diperhatikan.

Berikut adalah beberapa daftar komponen mobil yang perlu diperiksa secara mendetail sebelum menerabas hujan, sehingga tetap aman saat berkendara.

Wiper Kaca

Cuaca hujan dan lembab, dapat menyebabkan wiper mati atau tidak berfungsi. Selain itu, karet wiper dapat haus, sistem engkol kotor, sampai kabel penggerak menjadi usang.

Agar terhindar dari kerusakan wiper, periksa kondisi wiper secara rutin terutama sebelum musim hujan. Ganti wiper dengan yang baru jika diperlukan, serta gunakan air wiper berkualitas.

Pastikan gunakan karet wiper yang sesuai dengan spesifikasi mobil, serta ganti karet wiper secara berkala, biasanya setiap 6 bulan sekali.

BACA JUGA :

Rem Tidak Berfungsi

Sistem pengereman mobil bisa saja berkurang dan tidak responsif, khususnya saat melintas trek basah atau melaju di atas permukaan jalan yang basah.

Curah hujan yang deras, dapat membuat air terjebak di antara kampas rem dan cakram, sehingga mengganggu kontak antara kedua komponen itu. 

Guna menghindari hal itu terjadi, lakukan perawatan rutin dengan memeriksa kondisi minyak rem dan menggantinya, khususnya apabila mobil sudah mencapai 40.000 km.

Aki Mobil Tekor

Suhu udara yang rendah, serta kelembapan ruangan, dapat berpotensi menyebabkan aki tekor akibat bekerja 2 kali lipat, terutama saat sedang menghidupkan mesin.

Admin
Penulis