Kesehatan

Ini Cara Menyikat Gigi Susu yang Benar pada Bayi, Simak Penjelasannya di Sini

fin.co.id - 25/02/2024, 17:13 WIB

Ini Cara Menyikat Gigi Susu yang Benar pada Bayi

FIN.CO.ID - Merawat gigi susu dan menjaga kebersihan mulut sangat penting untuk bayi. Salah satunya dengan cara menyikat gigi susu dengan baik dan benar. Pertumbuhan gigi bayi akan memberi jalan bagi gigi permanen.

"Kesehatan gigi yang lebih dikenal sebagai kesehatan mulut sangat penting bagi anak-anak karena kesehatan mulut yang optimal sejak kecil akan membantu Anda untuk kesehatan dan kesejahteraan seumur hidup,” kata Profesor Asisten Klinis di Departemen Kedokteran Gigi Anak di Fakultas Kedokteran Gigi New York University (NYU) Dr. Sarah Khan dikutip dari Medical Daily, Minggu, 25 Februari 2024.

"Meskipun gigi susu akhirnya akan tanggal, mereka sangat penting untuk membiarkan gigi dewasa tumbuh dalam posisi yang tepat, membantu perkembangan bicara dan bahasa serta berkontribusi pada rasa percaya diri anak," lanjut Sarah.

Karies gigi, juga dikenal sebagai gigi berlubang, adalah kondisi kronis nomor satu yang dihadapi oleh anak-anak saat ini, melampaui asma. American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD) melaporkan bahwa masalah gigi menyebabkan kehilangan 34 juta jam sekolah setiap tahun.

Kebutuhan perawatan gigi yang mendesak ini bisa menyakitkan dan, dalam beberapa kasus, menimbulkan risiko mengancam jiwa.

BACA JUGA:

Kiat terbaik untuk meningkatkan kesehatan mulut anak adalah dengan memasukkan rutinitas menyikat gigi susu dua kali sehari, menggunakan benang gigi secara teratur, dan pola makan yang sehat, paparnya.

Menurut para ahli, kesadaran perawatan gigi anak harus dimulai sejak kehamilan. Penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara kesehatan mulut anak dan kesadaran ibu tentang kebiasaan seperti pola makan sehat dan kebersihan mulut.

Ibu hamil menghadapi risiko peningkatan masalah kesehatan gigi selama kehamilan, yang bisa berdampak pada kesehatan masa depan bayi.

Selain itu, masukkan makanan kaya kalsium seperti yogurt, brokoli, dan susu untuk mendorong perkembangan gigi yang kuat.

Pilih camilan sehat seperti buah dan sayuran, hindari permen dan kue. Pindah ke air daripada minuman manis dan soda untuk kesehatan mulut yang lebih baik.

Selanjutnya, hindari memberi bayi susu saat tidur untuk mencegah pembusukan gigi, dan lap gusi mereka setelah setiap makan dalam beberapa bulan pertama sebelum gigi muncul.

Saat mereka berkembang, tanamkan rutinitas menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi fluoride.

Jika anak Anda berusia di bawah 2 tahun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memperkenalkan pasta gigi fluoride.

BACA JUGA:

Rizal Husen
Penulis
-->