Kesehatan

Jangan dibuang ini Dia 7 Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan, Wajib kamu coba!

fin.co.id - 23/02/2024, 07:35 WIB

Jangan dibuang ini Dia 7 Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan, Wajib kamu coba!

FIN.CO.ID - Selain memberikan rasa kenyang, beras juga memiliki banyak manfaat kesehatan ketika air rebusannya diekstrak.

Di Indonesia, air rebusan beras sering disebut sebagai air tajin dan sering diberikan kepada bayi atau anak-anak.

Ternyata, manfaat kesehatan dari air beras cukup banyak. Ini termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan, energi, dan mood, serta membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Lebih detailnya akan dijelaskan dalam pembahasan berikut ini.

Berbagai Manfaat Air Beras untuk Kesehatan

Air beras mengandung beragam asam amino sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang memberikan manfaat bagi tubuh.

Sisa pati yang terdapat dalam air rebusan beras kaya akan nutrisi. Proses pembuatannya juga cukup sederhana.

Cukup masak satu cangkir beras dengan tiga hingga empat cangkir air. Setelah butiran beras setengah matang, saring airnya dan minumlah selagi hangat.

Air beras ini mengandung vitamin B, vitamin C, serta sejumlah mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari air beras yang mungkin kurang dikenal:

Mencegah sembelit

Mencegah sembelit adalah salah satu manfaat air beras, karena mengandung pati yang kaya serat yang dapat memperlancar buang air besar dan merangsang pertumbuhan bakteri baik di perut untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Bantu Atasi Diare

Air beras juga bermanfaat dalam mengatasi diare baik pada bayi maupun orang dewasa, dengan mengurangi volume dan frekuensi keluarnya tinja.

Sebagai obat demam

Air beras membantu mencegah dehidrasi akibat demam dan muntah selama infeksi, serta mempercepat pemulihan dengan mengisi kembali nutrisi yang hilang.

Membantu Tetap Terhidrasi

Selain itu, air beras membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama bagi anak-anak yang mungkin tidak menyukai air putih karena memiliki rasa sedikit manis.

Meningkatkan Energi dan Mood

Minum air beras juga dapat meningkatkan energi dan suasana hati karena mengandung karbohidrat yang larut dalam air, yang dapat mengisi kembali tingkat energi tubuh.

Membantu Mencegah Degenerasi Otot

Manfaat lainnya adalah membantu mencegah degenerasi otot karena kandungan asam amino yang membantu dalam pencegahan degradasi protein tubuh.

Membantu Meningkatkan Kekebalan dan Metabolisme

Terakhir, air beras baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan metabolisme karena mengandung vitamin dan mineral yang cukup.

Demikianlah beberapa manfaat kesehatan dari air beras yang patut diperhatikan. Jelaslah bahwa air beras memiliki dampak positif yang signifikan pada kesehatan secara keseluruhan.

Mega Oktaviana
Penulis
-->