Kesehatan

Lima Bahaya Jika Membiarkan Kuku Tangan Kotor, Baca Selengkapnya Di Sini

fin.co.id - 22/02/2024, 08:33 WIB

Kuku yang kotor bisa menjadi sarang penyakit. Sumber foto: google

FIN.CO.ID - Kuku tangan kotor? Jangan dibiarkan! Segera bersihkan dan potong. Ternyata kuku yang kotor sarangnya penyakit.

Disadur dari berbagai sumber berikut ini lima bahaya kuku yang tidak dibersihkan:

1. Penyakit Jamur Kuku

Jamur tumbuh dan berkembang biak di kuku yang kotor dan lembap. Infeksi jamur kuku dapat menyebabkan kuku rapuh dan menguning. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan estetika, tetapi jika tidak diobati dengan benar, dapat menyebabkan infeksi yang berbahaya.

  2. Infeksi Bakteri

Kuku yang tidak dibersihkan dapat menjadi tempat berkembang biaknya berbagai jenis bakteri, termasuk bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Bakteri ini dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh anda dan menyebabkan infeksi saluran pencernaan atau infeksi kulit ketika menyentuh wajah atau makan tanpa mencuci tangan.

BACA JUGA:  Menjaga Kuku Tetap Fashionable: 7 Trend Warna Kuteks Terpopuler Tahun 2024

BACA JUGA:Bunda, Yuk Ajari Anak Kebiasaan Cuci Tangan, Bisa Bikin Cerdas Lho...

  3. Penularan Penyakit

Menggunakan tangan yang memiliki kuman dan bakteri dari kuku kotor untuk menyentuh mulut, hidung, atau mata dapat menjadi cara yang mudah untuk menularkan penyakit, terutama penyakit pernapasan dan penyakit menular lainnya. Bakteri dan virus dapat bertahan di bawah kuku dalam jangka waktu yang cukup lama, meningkatkan kemungkinan penularan penyakit.

  4. Risiko Infeksi Kulit

Ketika menggunakan tangan Anda untuk menggaruk atau mengorek kuku yang kotor, hal ini dapat menyebabkan luka kecil pada kulit di sekitar kuku. Luka-luka ini memungkinkan bakteri dan jamur untuk masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi kulit seperti paronikia (infeksi pada lipatan kulit di sekitar kuku) atau selulitis (infeksi jaringan kulit).

  5. Gangguan Sistem Kelenjar Endokrin

Studi menunjukkan bahwa kebiasaan menggigit kuku berkorelasi dengan masalah sistem kelenjar endokrin, yang mengatur produksi hormon tubuh. Ya, kebiasaan ini dapat mengganggu keseimbangan hormon dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang seperti gangguan tidur, stres, dan gangguan metabolisme.

Untuk mencegah kuku kotor yang kemudian menyebabkan munculnya penyakit, bisa dengan menerapkan pola hidup sehat, antara lain:

  1. Rajin membersihkan kuku
  2. Rutin mencuci tangan, terutama sebelum makan
  3. Tidak menggigit-gigit kuku
  4. Rutin memotong kuku agar selalu pendek

Eko Nugros
Penulis
-->