Kesehatan

Awas! Rokok Dapat Tingkatkan Risiko Kanker Prostat

fin.co.id - 20/02/2024, 20:56 WIB

Ilustrasi merokok

FIN.CO.ID - Menjaga kesehatan prostat sangat penting untuk mengurangi risiko pada pria. Diperlukan sejumlah langkah pencegahan yang cerdik. Salah satunya rokok. 

Hal itu diungkapkan dokter Urologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Agus Rizal AH Hamid.  

Menurutnya, langkah cerdik pertama untuk mengurangi risiko kanker prostat,  adalah cek berkala dengan melakukan pemeriksaan medis secara teratur.

"Deteksi dini sangat penting untuk pencegahan," ujar Agus dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa, 20 Februari 2024.

Kemudian, kebiasaan merokok. Karena rokok dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Yang ketiga, rajin berolahraga dengan teratur dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Selanjutnya, diet seimbang dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan porsi yang tepat.

BACA JUGA:

Kelima, istirahat cukup dengan menjaga pola tidur yang baik untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Terakhir, Kelola stres dengan menghindari stres berlebihan untuk menjaga keseimbangan mental dan fisik.

Dengan menerapkan langkah-langkah cerdik ini, diharapkan pria dapat mempertahankan kesehatan prostat dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Yang perlu diingat adalah pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Dengan memperhatikan gaya hidup sehari-hari, risiko terkena kanker prostat dapat diminimalkan.

Agus menambahkan perlunya untuk memilih pengobatan kanker prostat yang tepat dengan memperhatikan jenis operasi yang dilakukan.

Seringkali, kanker prostat ditemukan melalui operasi prostat atau penyakit prostat jinak lainnya. Jika hanya melakukan pemeriksaan tersebut maka kelenjar prostat hanya dikerok. Sehingga diperlukan pengobatan lanjutan untuk mencegah kekambuhan.

“Yang paling bagus adalah menemukan kanker prostat dengan cara biopsi, memasukkan satu jarum kecil, tentu dengan pembiusan. Jarumnya ada yang lewat dubur atau selangkangan,” terangnya.

BACA JUGA:

Rizal Husen
Penulis
-->