Kesehatan

Anak Mengalami Selesma? Jangan Panik, Bisa Sembuh Sendiri 7-10 Hari

fin.co.id - 20/02/2024, 21:15 WIB

Jangan Panik jika Anak Demam atau Batuk Pilek, Image oleh oleh Victoria_rt dari Pixabay

FIN.CO.ID - Anak yang mengalami batuk pilek yang disebabkan selesma dapat sembuh sendiri dalam waktu 7-10 hari.

"Pilek yang selesma ini adalah self limited disease, dia bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan bisa 7-10 hari," kata Dokter spesialis anak konsultan respirologi,  dr. Rina Triasih di Jakarta, Selasa, 20 Februari 2024.

Sedangkan untuk anak yang memiliki riwayat alergi, butuh waktu hingga tiga minggu sampai gejala selesma bisa mereda.

Saat mengalami selesma, umumnya gejala yang muncul, yakni hidung tersumbat, sering bersin, dan kadang disertai nyeri telan serta demam.

BACA JUGA:

Dia menyebutkan tidak ada obat tertentu yang efektif untuk menyembuhkan selesma. Hal yang perlu dilakukan oleh anak-anak yang sedang mengalami selesma yakni istirahat yang cukup, memperbanyak minum, dan memenuhi kebutuhan nutrisi.

Namun, Rina mengingatkan untuk mewaspadai beberapa tanda saat anak sedang mengalami batuk pilek. Pertama ketika gejala yang muncul sudah mengarah kepada penyakit influenza.

"Kalau influenza atau flu yang sesungguhnya itu biasanya anaknya sakit lebih berat, ada demam tinggi, mengeluh nyeri kepala, nyeri otot ngilu-ngilu, dan anaknya keliatan lemah. Justru dia pilek-pileknya jarang," paparnya.

Ketika batuk pilek hanya terjadi pada pagi hari atau saat suhu udara dingin yang mengindikasikan terjadinya rhinitis alergy atau batuk pilek yang dipicu oleh reaksi terhadap alergi.

BACA JUGA:

 

Rizal Husen
Penulis
-->