Kesehatan

Perhatikan Jam Tidurmu, Penting untuk Kesehatan Emosional!

fin.co.id - 19/02/2024, 15:08 WIB

Perhatikan Jam Tidurmu, Penting untuk Kesehatan Emosional!

FIN.CO.ID - Tidur adalah kebutuhan biologis yang penting bagi tubuh kita. Kualitas dan durasi tidur yang cukup memainkan peran besar dalam kesehatan fisik, mental, dan emosional kita.

Namun, banyak dari kita sering mengabaikan pentingnya tidur yang baik dan sehat.

BACA JUGA:

Menurut American Academy of Sleep Medicine (AASM), jumlah tidur yang direkomendasikan bervariasi tergantung pada usia kita. Dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7-9 jam per malam, sementara lansia (di atas 65 tahun) sebaiknya tidur selama 7-8 jam per malam.

Kualitas tidur juga penting, karena tidur yang baik memungkinkan kita melewati siklus tidur yang alami, yang terdiri dari tidur Rapid Eye Movement (REM) dan tidur non-REM.

Tidur REM adalah waktu ketika kita bermimpi dan sangat penting untuk kesehatan mental dan emosional kita. Tidur non-REM terdiri dari tiga tahap yang memungkinkan tubuh kita untuk pulih dan memperbaiki diri.

Selama tidur ini, otot kita relaks, tekanan darah kita turun, dan tubuh kita melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel.

Untuk memastikan tidur yang baik, ada beberapa tips yang bisa kita ikuti:

1. Buatlah rutinitas tidur

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan.

2. Ruang tidur yang nyaman

Pastikan ruang tidur Anda tenang, gelap, dan sejuk. Gunakan bantal dan kasur yang nyaman.

3. Batasi stimulasi sebelum tidur

Hindari makan makanan berat atau minum minuman berkafein beberapa jam sebelum tidur. Hindari juga perangkat elektronik yang terang dan layar biru.

BACA JUGA:

Kiky Adeana Sisca
Penulis
-->