Kesehatan

7 Efek Begadang bagi Kesehatan Tubuh, Paling Terakhir Bikin Nyesel

fin.co.id - 18/02/2024, 21:38 WIB

Ini 7 Efek Begadang bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

FIN.CO.ID - Begadang adalah kegiatan mengurangi waktu tidur yang seharusnya, yang biasanya dewasa memerlukan 7 hingga 9 jam tidur per hari.

Orang yang begadang akan tidur kurang dari 6 jam atau bahkan tidak tidur sama sekali. Kebiasaan ini berisiko menyebabkan masalah kesehatan seperti peningkatan berat badan, stres, penurunan konsentrasi, dan lainnya.

Selain itu, ada dampak buruk lain yang perlu diperhatikan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai efek begadang, silakan simak ulasan berikut.

7 Efek Begadang bagi Kesehatan Tubuh

1. Memicu Obesitas

Efek pertama dari begadang adalah peningkatan berat badan, yang dapat menyebabkan risiko obesitas. Waktu tidur penting karena tubuh memanfaatkannya untuk memulihkan energi dan mengatur produksi hormon tertentu, seperti gherlin dan leptin yang mengatur rasa lapar dan kenyang.

2. Menyebabkan Masalah Mental

Efek negatif begadang berikutnya adalah peningkatan risiko gangguan mental. Kurang tidur membuat tubuh lebih rentan terhadap stres karena produksi hormon kortisol meningkat saat begadang. Stres yang berkelanjutan dapat menyebabkan gangguan mental serius seperti kecemasan dan depresi.

3. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika tubuh tidak mendapatkan cukup waktu istirahat, sistem kekebalan tubuh dapat menurun. Ini karena antibodi dan senyawa sitokin yang bertanggung jawab melawan bakteri dan virus diproduksi saat tidur. Orang yang sering begadang lebih rentan terkena infeksi bakteri dan virus, termasuk flu dan lainnya.

4. Menurunkan Fokus atau Konsentrasi

Efek begadang berikutnya adalah penurunan fokus dan konsentrasi. Kurang tidur menyebabkan tubuh merasa lelah, mengganggu perhatian, konsentrasi, dan kewaspadaan seseorang.

Begadang juga mempengaruhi daya ingat karena sel-sel saraf otak tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan regenerasi.

5. Memunculkan Masalah Kulit

Selain meningkatkan emosi, hormon kortisol yang dilepaskan saat begadang juga bisa menyebabkan berbagai masalah kulit. Kortisol dapat merusak struktur kolagen kulit, mengurangi elastisitasnya. Ini dapat menyebabkan masalah seperti kulit kusam dan jerawat.

6. Memicu Diabetes

Risiko penyakit diabetes meningkat dengan seringnya begadang dalam waktu yang lama. Kurang tidur selama 3 hari berturut-turut dapat mengganggu metabolisme tubuh, termasuk sekresi hormon insulin yang mengatur kadar gula darah.

7. Gairah Seksual Menurun

Efek lain dari begadang adalah penurunan gairah seksual karena tubuh menjadi mudah lelah dan mengantuk. Penting untuk menyadari efek begadang terhadap kesehatan dan memberikan waktu istirahat yang cukup meskipun sibuk dengan pekerjaan.

Konsultasi dengan Dokter Terbaik

Jika Anda mengalami gangguan tidur yang mengurangi waktu dan kualitas tidur anda, Anda dapat berkonsultasi ke dokter di Hospitals terdekat untuk menangani masalah tidur Anda.

Mega Oktaviana
Penulis
-->