Kesehatan

Waspada! Jangan Asal Minum Obat Asam Urat, Cek di Sini Berbagai Efek Sampingnya

fin.co.id - 09/02/2024, 23:37 WIB

Waspada ! Jangan Asal Minum Obat Asam Urat Begini Efek Sampingnya

FIN.CO.ID - Penyakit asam urat terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat dan tidak bisa mengeluarkannya dengan efisien. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri pada sendi, terutama pada jari-jari kaki dan tangan.

Untuk mengatasi gejala asam urat, ada beberapa obat yang biasanya diresepkan oleh dokter.

Namun, seperti halnya obat-obatan lainnya, obat asam urat juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan.

Berikut beberapa obat asam urat yang umumnya digunakan beserta efek sampingnya:

1. Allopurinol

Obat ini bekerja dengan mengurangi produksi asam urat dalam tubuh. Efek samping yang mungkin terjadi termasuk ruam kulit, nyeri otot, dan gangguan lambung.

2. Febuxostat

Seperti allopurinol, febuxostat juga mengurangi produksi asam urat. Efek samping yang dapat terjadi antara lain mual, diare, dan peningkatan risiko perdarahan.

3. Probenecid

Obat ini membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak asam urat melalui urine. Efek samping yang mungkin timbul meliputi gangguan lambung, sakit kepala, dan pembengkakan pada sendi.

4. Colchicine

Digunakan untuk meredakan serangan asam urat akut dengan mengurangi peradangan pada sendi. Efek samping yang umum meliputi diare, mual, dan muntah.

5. NSAIDs (Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs)

Contohnya adalah ibuprofen dan naproxen, yang membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada sendi. Efek sampingnya dapat berupa gangguan lambung, tekanan darah tinggi, dan peningkatan risiko perdarahan.

6. Steroid

Kadang-kadang dokter meresepkan steroid seperti prednisone untuk meredakan peradangan yang parah. Efek sampingnya termasuk peningkatan nafsu makan, peningkatan berat badan, dan risiko infeksi yang meningkat.

7. Pegloticase

Obat ini digunakan untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dengan cara mengubahnya menjadi zat yang lebih mudah dikeluarkan. Efek samping yang mungkin timbul antara lain reaksi alergi, nyeri pada sendi, dan nyeri otot.

8. Krystalin Alkaline

Sebuah terobosan baru dalam pengobatan asam urat yang menggunakan teknologi mikroba dalam usus untuk menurunkan kadar asam urat. Efek sampingnya masih sedang dalam penelitian lebih lanjut.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan obat asam urat harus selalu sesuai dengan petunjuk dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang manfaat dan risiko penggunaan obat tersebut, serta pantau efek samping yang mungkin timbul selama pengobatan. Jika Anda mengalami efek samping yang serius atau mengkhawatirkan, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan nasihat lebih lanjut.

 

 

Mega Oktaviana
Penulis
-->