Kesehatan

Ciri-ciri Serangan Jantung yang Harus Dikenali, Jangan Sepelekan Tanda-tandanya

fin.co.id - 07/02/2024, 12:05 WIB

FIN.CO.ID - Ciri-ciri Serangan Jantung yang Harus Dikenali saat Kejadian

Serangan jantung adalah kondisi yang sangat berbahaya, yang terjadi ketika aliran darah ke jantung terhenti atau berkurang akibat penyumbatan pada pembuluh darah koroner. 

Serangan jantung bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otot jantung, atau bahkan kematian, jika tidak segera ditangani. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali ciri-ciri serangan jantung saat kejadian, agar bisa mendapatkan pertolongan medis sesegera mungkin.

Ciri-ciri Serangan Jantung

Ciri-ciri serangan jantung yang harus dikenali adalah:

  1. Nyeri dada yang hebat, seperti ditindih beban berat, atau terbakar, atau ditusuk-tusuk. Nyeri dada ini biasanya terasa di tengah dada, dan bisa menjalar ke lengan kiri, leher, rahang, atau punggung.
  2. Sesak napas, sulit bernapas, atau napas pendek-pendek. Sesak napas ini bisa terjadi sebelum, saat, atau setelah nyeri dada.
  3. Berkeringat dingin, kulit pucat, atau basah kuyup. Berkeringat dingin ini menunjukkan adanya gangguan pada sistem saraf otonom, yang mengatur detak jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh.
  4. Mual, muntah, atau perut kembung. Mual, muntah, atau perut kembung ini bisa terjadi karena adanya rangsangan pada saraf vagus, yang menghubungkan jantung dengan saluran pencernaan.
  5. Pusing, lemas, atau hilang kesadaran. Pusing, lemas, atau hilang kesadaran ini bisa terjadi karena adanya penurunan aliran darah ke otak, yang menyebabkan hipoksia, atau kekurangan oksigen.
  6. Denyut jantung tidak teratur, terlalu cepat, atau terlalu lambat. Denyut jantung tidak teratur, terlalu cepat, atau terlalu lambat ini bisa terjadi karena adanya aritmia, yaitu kelainan pada irama detak jantung.

Sifatnya Bervariasi

Serangan Jantung, Image: Martin Büdenbender / Pixabay

Ciri-ciri serangan jantung ini bisa bervariasi pada setiap orang, tergantung pada faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan, atau penyakit lain yang diderita. 

Ada juga orang yang mengalami serangan jantung tanpa gejala, atau disebut silent heart attack. 

Oleh karena itu, jika kamu merasakan salah satu atau beberapa ciri-ciri serangan jantung di atas, jangan ragu untuk segera meminta bantuan, atau menghubungi layanan darurat, seperti 118 atau 119.

Kesimpulan

Serangan jantung adalah kondisi yang bisa dicegah dengan menjaga gaya hidup sehat, seperti berhenti merokok, mengurangi konsumsi lemak dan garam, mengontrol tekanan darah dan kolesterol, berolahraga teratur, dan menghindari stres. 

Kamu juga harus rutin memeriksakan kesehatan jantung kamu, terutama jika kamu memiliki faktor risiko, seperti diabetes, obesitas, riwayat keluarga, atau usia lanjut.

Serangan jantung adalah kondisi yang tidak boleh dianggap remeh, karena bisa mengancam nyawa kamu. 

Jadi, kenali ciri-ciri serangan jantung ketika kejadian, dan segera ambil tindakan yang tepat, agar kamu bisa selamat dan kembali sehat.

Makruf
Penulis
-->