Kesehatan

Manfaat Daun Bidara: Bisa Mengatasi Penyakit Diabetes, Ini Cara Mengolahnya

fin.co.id - 03/02/2024, 09:32 WIB

Manfaat daun bidara untuk diabetes. Foto Freepik

FIN.CO.ID - Daun bidara merupakan tanaman yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional.

Sebab daun bidara mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya  menyembuhkan masalah kesehatan tetapi juga membantu masalah wajah.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak masyarakat yang memiliki tanaman daun bidara di rumahnya sebagai tanaman obat, apalagi perawatannya  tidak rumit.

Daun bidara berasal dari daerah tropis dan subtropis seperti Asia, Afrika, dan Australia. Tanaman ini juga dikenal dengan nama lain seperti jujube,  jujube India, dan kurma Cina.

BACA JUGA:

Tanaman bidara merupakan tumbuhan perdu atau  berduri setinggi 15 m, cangkang berwarna abu-abu tua, terbelah tidak beraturan.

Batang tumbuhan Vidara berbulu dan tepi daun bergigi halus. Buah tanaman Vidala berbentuk bulat, seperti telur, dan berwarna kuning hingga kemerahan.

Berikut beberapa manfaat minum air rebusan daun bidara seperti dilansir dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

1. Meredakan luka bakar

Daun bidara memiliki sifat anti inflamasi dan penyembuhan yang membantu mengurangi peradangan dan meredakan luka bakar. Hancurkan daun bidara untuk mendapatkan sari daunnya dan oleskan pada luka bakar.

2. Nafsu makan meningkat

Ambil beberapa lembar daun bidara lalu masukkan ke dalam air mendidih dan minum air rebusannya secara rutin untuk menambah nafsu makan.

BACA JUGA:

Perlancar Produksi ASI, Ini Resep Daun Katuk, Kelor Ditambah Kunyit dan Spirulina

Lovvi Malino
Penulis
-->