Otomotif

13 Cara Menghemat BBM, Baca Selengkapnya di Sini!

fin.co.id - 2024-02-03 14:02:05 WIB

Sebaiknya mengisi BBM sesuai RON. sumber foto: pixabay

FIN.CO.ID - Sebagai pengendara mobil, konsumsi bahan bakar menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Terkadang pengeluaran untuk membeli BBM melonjak melebihi biasanya.

Bukan karena harga BBM naik, tetapi konsumsi bahan bakar mobil lebih boros. Jika kendaraan Anda mulai boros, segera cari tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Berikut 13 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

1.Menjaga Kondisi Mesin Mobil

Kondisi mesin mobil yang tidak prima akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras. Akibatnya membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih dari biasanya. Agar kondisi mesin mobil tetap prima lakukanlah servis secara berkala di bengkel terpercaya sesuai dengan waktu atau jarak tempuh yang direkomendasikan. Selain itu, gunakan bahan bakar yang disarankan sesuai dengan kompresi mesin.

2. Ganti Oli Secara Rutin

Oli mobil yang sudah melewati masa pakai dampaknya akan langsung terasa pada mesin mobil. Jika dibiarkan semakin lama maka konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros karena mesin bekerja lebih keras. Untuk itu pemilik mobil bisa melakukan penggantian oli secara rutin pada jarak dan waktu yang sudah direkomendasikan. Biasanya setiap 5.000 km atau enam bulan sekali. Pastikan menggunakan oli yang asli ya.

BACA JUGA :Libur Panjang Isra Miraj-Tahun Baru Imlek, Pemeritah Batasi Lalu Lintas Mobil Barang dan di Pelabuhan 

BACA JUGA: Tips dan Trik Menjaga Kaca Spion Mobil Agar Tidak Kusam dan Berjamur

3. Merawat Filter Udara

Filter udara juga harus diperhatikan. Jika filter udara kotor dan tidak dirawat, maka mesin akan bekerja lebih berat untuk menghisap udara bersih,. Imbasnya konsumsi bahan bakar meningkat. Sebaiknya perawatan pada filter udara dilakukan secara berkala.

4. Hindari Menginjak Pedal Gas Mendadak

Saat melakukan akselerasi, pengendara mobil tidak disarankan untuk menginjak pedal gas secara mendadak. Tujuannya untuk menjaga agar katup throttle gas terbuka dengan konstan. Semakin dalam pedal gas diinjak maka semakin banyak pembakaran yang terjadi sehingga menghasilkan kecepatan yang instan. Cara menginjak pedal gas yang benar adalah dengan pelan-pelan dibarengi dengan penggunaan gigi yang pas agar mesin tidak meraung.

5. Gunakan Gigi yang Sesuai

Kesalahan pengendara mobil yang sering kita jumpai adalah penggunaan gigi yang tidak sesuai. Ada yang menggunakan gigi rendah padahal jalanan datar. Ada juga saat posisi tanjakan, malah menggunakan gigi tinggi. Gigi rendah lebih pas digunakan untuk medan yang menanjak. Sehingga mesin bisa kuat melintasi tanjakan. Sementara gigi tinggi lebih cocok untuk kondisi medan yang datar. Semakin rendah putaran mesin maka konsumsi bahan bakarnya lebih irit.

6. Perhatikan Kecepatan Mobil

Semakin tinggi kecepatan mobil, tentunya konsumsi bahan bakar semakin meningkat. Selain bisa menghemat bahan bakar, memperhatikan kecepatan mobil juga bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau mesin mengalami kerusakan karena overheat.

7. Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Setiap mobil memiliki anjuran Research Octane Number (RON) agar bisa menghasilkan pembakaran sempurna. Kadar oktan yang lebih rendah akan membuat pembakaran tidak sempurna sehingga mesin tidak bekerja dengan optimal. Paling banyak ditemui mesin mobil ngelitik. Jika dibiarkan terlalu lama akan membuat mesin menjadi rusak.

8. Menjaga Tekanan Angin Ban

Cara menghemat bahan bakar mobil selanjutnya dengan menjaga tekanan angin ban. Sangat penting memeriksa tekanan angin pada ban secara berkala, baik untuk mobil yang digunakan secara rutin maupun tidak. Jika tekanan angin berkurang, maka akan menyebabkan rolling resistance semakin besar dan membuat mesin mobil bekerja lebih berat dari sebelumnya. Mesin mobil yang bekerja lebih berat menyebabkan penggunaan bahan bakar semakin meningkat.

9. Tidak Menggunakan AC Secara Berlebih

Saat AC dinyalakan, maka komponen kompressor akan mulai bekerja mengikuti putaran mesin. Sebaiknya lebih bijak dalam menggunakan AC. Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti tidak menggunakan AC saat melewati rute perjalanan yang sejuk atau tidak menggunakan AC saat mobil melewati rute menanjak.

10. Matikan Kendaraan Saat Berhenti Lama

Cara menghemat bahan bakar yang paling mudah adalah mematikan mesin saat berhenti lama.  

11. Tidak Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Durasi terbaik untuk memanaskan mobil tidak sampai 5 menit, patokannya terletak pada temperatur mesin. Jika temperatur sudah naik ke tengah berarti mesin sudah siap digunakan.

Admin
Penulis