Teknologi

Alasan Mengapa Rockstar Fokus Kerjakan GTA 6 Versi Konsol Terlebih Dahulu Ketimbang PC

fin.co.id - 26/12/2023, 08:22 WIB

GTA 6, GTA VI, Image: Rockstar Games

Rockstar Fokus Kerjakan GTA 6 Versi Konsol - GTA 6 adalah salah satu game yang paling ditunggu-tunggu oleh para gamer di seluruh dunia. Game ini dijanjikan akan memiliki grafis yang luar biasa, gameplay yang seru, dan cerita yang menegangkan. Tapi, ada satu hal yang membuat para gamer PC kecewa, adalah faktanya GTA 6 tidak akan dirilis untuk PC pada saat yang bersamaan dengan konsol new gen, yaitu PS5 dan Xbox Series X dan S. GTA 6 baru akan hadir di PC setahun atau lebih setelah rilis di konsol. Mengapa demikian?

Salah satu orang yang bisa menjawab pertanyaan ini adalah Mike York, mantan developer di Rockstar yang pernah terlibat dalam pembuatan GTA 5 dan Red Dead Redemption 2. Dia mengungkapkan alasan di balik keputusan Rockstar untuk menunda rilis GTA 6 di PC dalam sebuah video baru.

Menurut York, alasan utama adalah karena Rockstar ingin memprioritaskan apa yang paling laku di pasaran. Dan, sebagian besar waktu, terutama di masa lalu, PlayStation adalah konsol yang paling laku. PlayStation adalah konsol yang paling banyak dimiliki oleh orang-orang. PlayStation juga memiliki penjualan yang lebih tinggi daripada konsol lainnya. Jadi, Rockstar fokus pada PlayStation saat membuat game mereka.

Game GTA 6--

York mengatakan bahwa untuk GTA 5, Rockstar mengutamakan PS3, dan membuat port untuk Xbox 360 secara bersamaan, sebelum beralih ke PC. GTA 5 dirilis untuk PS3 dan Xbox 360 pada September 2013, kemudian untuk PS4 dan Xbox One pada November 2014, dan baru untuk PC pada April 2015. Versi untuk PS5 dan Xbox Series X dan S juga baru dirilis pada Maret 2022.

Lalu, apa alasan lainnya? York menjelaskan bahwa membuat versi PC dari game sebesar dan sekompleks GTA itu tidak mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti arsitektur dan komponen yang berbeda-beda di setiap PC. Rockstar harus menyesuaikan game mereka dengan berbagai macam spesifikasi PC yang ada di luar sana. Mereka juga harus melakukan pengujian yang sangat banyak untuk memastikan bahwa game mereka bisa berjalan dengan lancar dan tanpa masalah di PC.

“Ini sangat penting untuk diingat oleh semua orang: salah satu alasan utama mengapa port PC akan memakan waktu lama adalah karena arsitektur dan komponen yang berbeda-beda,” kata York.

“Mereka harus mengakomodasi semua hal yang bisa terjadi. Karena di PlayStation dan Xbox, masing-masing hanya memiliki satu kartu grafis, dan itu adalah kartu grafis yang sama, arsitektur di dalam kotaknya juga sama dengan setiap PlayStation yang dikirim ke jutaan orang. Tapi, kalau di PC, setiap orang punya PC yang berbeda. Mereka menjalankannya dengan cara yang berbeda. Mereka punya hardware yang berbeda di dalamnya. Mereka punya CPU dan GPU yang berbeda. Penggunaan memori dan hal-hal lain yang dilakukan game di latar belakang bisa berbeda-beda juga.”

GTA 6, GTA VI, Image: Rockstar Games--

Jadi, apakah itu berarti para gamer PC harus menyerah dan membeli konsol baru jika ingin bermain GTA 6? Tidak juga. York mengatakan bahwa Rockstar pasti akan merilis GTA 6 untuk PC, hanya saja butuh waktu lebih lama. Dia juga meminta para gamer PC untuk memberikan Rockstar “manfaat keraguan” atas rencana peluncuran mereka yang kontroversial.

“Rockstar pasti akan membuat GTA 6 untuk PC, tapi mereka harus memastikan bahwa game itu sempurna dan tidak ada cacatnya. Mereka tidak mau merilis game yang setengah jadi atau bermasalah. Mereka mau memberikan pengalaman terbaik untuk para gamer PC. Jadi, beri mereka manfaat keraguan. Mereka pasti punya alasan yang kuat untuk menunda rilis GTA 6 di PC. Mungkin saja, versi PC-nya akan lebih bagus dan lebih keren daripada versi konsolnya. Siapa tahu?” kata York.

Nah, itu dia alasan GTA 6 bakal meluncur duluan di konsol baru ke PC. Semoga artikel ini bisa memberikan kamu informasi yang berguna dan menarik. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu yang juga suka main game. Terima kasih sudah membaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Selamat bermain!

Makruf
Penulis
-->