Otomotif

Bolehkah Mengisi Air Radiator dengan Air Biasa? Simak Informasinya di Sini

fin.co.id - 2023-12-22 22:36:00 WIB

Bolehkah Mengisi Air Radiator dengan Air Biasa? Simak Informasinya di Sini

fin.co.id - Air radiator bertanggung jawab untuk mengambil panas yang dihasilkan oleh mesin kendaraan. Ketika mesin bekerja, suhu mesin meningkat, dan air radiator berperan untuk menyerap panas ini

Lalu, apakah mengisi air radiator bisa menggunakan sembarang air? Jawabannya adalah tidak. Mengisi air radiator dengan air biasa tidak disarankan.

Radiator pada kendaraan menggunakan campuran air dengan coolant atau cairan pendingin khusus yang dirancang untuk melindungi mesin dari overheating dan korosi.

Coolant mengandung bahan kimia yang membantu menjaga titik beku yang rendah serta titik didih yang tinggi, dan juga melindungi sistem pendinginan dari karat dan kerusakan.

BACA JUGA:

Menggunakan air biasa tanpa campuran coolant dapat mengakibatkan beberapa masalah yang bisa membuat kinerja motor atau mobil menjadi tidak maksimal.

Air biasa tidak memiliki sifat anti-freeze yang baik, yang berarti bisa membeku pada suhu rendah dan menyebabkan kerusakan pada sistem pendinginan saat suhu ekstrem.

Ilustrasi Mengisi Air Radiator Motor--Google Photos

Selain itu, air biasa juga tidak memiliki sifat anti-korosi yang ada pada coolant, sehingga bisa menyebabkan karat dan penumpukan mineral di dalam mesin.

Jika terpaksa menggunakan air biasa karena tidak ada coolant yang tersedia, sebaiknya segera menggantinya dengan coolant sesegera mungkin.

BACA JUGA:

Pastikan juga untuk menggunakan air bersih yang bebas mineral dan tidak terlalu keras. Namun, ini hanya sebagai solusi sementara.

Lebih baiknya adalah selalu menggunakan campuran coolant yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan untuk menjaga sistem pendinginan dalam kondisi optimal dan melindungi mesin dari kerusakan.

Admin
Penulis