Kesehatan

Obat Herbal Diabetes ala Dokter Zaidul Akbar: Gunakan Ini untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

fin.co.id - 16/12/2023, 08:39 WIB

dr. Zaidul Akbar, Screenshot: dr. Zaidul Akbar Official/YouTube

Obat Herbal Diabetes ala Dokter Zaidul Akbar - Diabetes merupakan penyakit yang ditunjukkan oleh tingginya kadar gula darah dan gangguan pada metabolisme. Penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi berbahaya seperti kerusakan pada saraf, ginjal, mata, jantung, dan pembuluh darah. Karena itu, mengontrol diabetes harus dilaksanakan dengan benar dan rutin.

Salah satu metode mengontrol diabetes yang banyak dipilih adalah dengan menggunakan obat herbal. Obat herbal dianggap lebih aman, alami, dan hemat dibandingkan dengan obat sintetis. Akan tetapi, tidak semua obat herbal dapat digunakan untuk mengontrol diabetes. Anda harus selektif dalam memilih obat herbal yang cocok dengan kondisi Anda.

Salah satu dokter yang pakar dalam bidang obat herbal adalah dr. Zaidul Akbar. Beliau adalah dokter, penulis, pendakwah, dan praktisi pengobatan sunah di Indonesia. Beliau telah banyak menulis buku dan artikel tentang kesehatan, termasuk tentang obat herbal diabetes.

Ini dia beberapa obat herbal diabetes ala dr. Zaidul Akbar yang dapat Anda coba untuk mengontrol diabetes:

dr. Zaidul Akbar. Image Credit: @zaidulakbar/Instagram--

Daun Insulin 

Obat herbal diabetes ala dokter Zaidul Akbar yang pertama adalah daun insuli. Daun insulin adalah salah satu tanaman herbal yang sangat ampuh dalam mengontrol diabetes. Daun insulin mengandung senyawa corosolic acid, tannin, dan polifenol yang dapat merangsang produksi insulin dan menurunkan kadar gula darah. Cara menggunakannya adalah dengan merebus 10 lembar daun insulin dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan daun insulin ini 2 kali sehari, sesudah makan.

Mengkudu 

Obat herbal diabetes ala dokter Zaidul Akbar yang kedua adalah buah mengkudu. Buah mengkudu dikenal sebagai salah satu obat herbal yang efektif dalam mengontrol diabetes. Buah mengkudu mengandung senyawa terpenoid, alkaloid, flavonoid, dan saponin yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan resistensi insulin. Cara menggunakannya adalah dengan memarut buah mengkudu yang sudah masak dan memerasnya untuk mendapatkan airnya. Minum air perasan buah mengkudu ini 2 kali sehari, sebelum makan.

Bawang Putih 

Obat herbal diabetes ala dokter Zaidul Akbar yang ketiga adalah bawang putih. Bawang putih adalah bahan masakan yang juga berguna sebagai obat herbal diabetes. Bawang putih mengandung senyawa alisin, sistein, dan dialil disulfida yang dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Cara menggunakannya adalah dengan mengonsumsi 2 siung bawang putih mentah setiap hari, atau dengan mencampurkan 1 sendok teh bubuk bawang putih dengan 1 gelas air hangat. Minum ramuan bawang putih ini 2 kali sehari, sebelum makan.

Daun Sirih Merah 

Obat herbal diabetes ala dokter Zaidul Akbar yang keempat adalah daun sirih merah. Daun sirih merah adalah salah satu tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat diabetes. Daun sirih merah mengandung senyawa antioksidan, antiinflamasi, dan antidiabetes yang dapat menurunkan kadar gula darah. Cara menggunakannya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirih merah dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan daun sirih merah ini 2 kali sehari, pagi dan sore.

Lidah Buaya 

Obat herbal diabetes ala dokter Zaidul Akbar yang kelima adalah lidah buaya. Lidah buaya adalah tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengontrol diabetes. Lidah buaya mengandung senyawa antrakuinon, aloin, dan barbaloin yang dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme glukosa. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil gel lidah buaya sebanyak 2 sendok makan dan mencampurkannya dengan 1 gelas air. Minum ramuan lidah buaya ini 2 kali sehari, sebelum makan.

Makruf
Penulis
-->