Kesehatan

Tips Memilih Skincare yang Cocok untuk Kulit: Awas Jangan Sampai Salah, Risiko Bisa Fatal!

fin.co.id - 28/11/2023, 11:28 WIB

Penggunaan skincare pada kulit (Ilustrasi)

FIN.CO.ID - Skincare adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, memilih skincare yang cocok untuk kulit bukanlah hal yang mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis kulit, masalah kulit, dan anggaran.

Berikut adalah beberapa tips memilih skincare yang cocok untuk kulit, dilansir dari berbagai sumber:

1. Kenali jenis kulit Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali jenis kulit Anda. Jenis kulit dapat dibagi menjadi empat, yaitu:

Kulit normal: Kulit Normal memiliki tekstur yang halus, kenyal, dan tidak berminyak atau kering.

Kulit berminyak: Kulit berminyak  memiliki tekstur yang berminyak, pori-pori yang besar, dan rentan terhadap jerawat. 

Kulit kering: Kulit kering memiliki tekstur yang kasar, kusam, dan rentan terhadap iritasi. 

Kulit kombinasi: Kulit kombinasi memiliki tekstur yang berminyak di area T (dahi, hidung, dan dagu) dan kering di area lainnya. 

BACA JUGA:

Anda dapat mengetahui jenis kulit Anda dengan melakukan tes sederhana di rumah. Caranya, cuci wajah Anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Kemudian, tunggu beberapa jam. 

Jika wajah Anda terasa berminyak, Anda memiliki kulit berminyak. Jika wajah Anda terasa kering, Anda memiliki kulit kering. Jika wajah Anda terasa berminyak di area T dan kering di area lainnya, Anda memiliki kulit kombinasi.

2. Kenali masalah kulit Anda

Jika Anda memiliki masalah kulit tertentu, seperti jerawat, flek hitam, atau kerutan, Anda perlu memilih skincare yang dapat mengatasi masalah tersebut. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi produk skincare yang tepat.

3. Pilih produk skincare yang sesuai dengan anggaran Anda

Skincare ada yang harganya murah dan ada yang harganya mahal. Pilihlah produk skincare yang sesuai dengan anggaran Anda. Namun, jangan hanya terpaku pada harga. Pastikan produk skincare yang Anda pilih berkualitas dan aman untuk kulit Anda.

BACA JUGA:

4. Baca label produk skincare

Sebelum membeli produk skincare, bacalah label produk dengan cermat. Perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Jika Anda memiliki alergi terhadap bahan tertentu, pastikan produk skincare tersebut tidak mengandung bahan tersebut.

5. Mulailah dengan produk skincare yang sederhana

Jika Anda baru pertama kali menggunakan skincare, sebaiknya mulailah dengan produk skincare yang sederhana. Pilihlah produk skincare yang memiliki fungsi dasar, seperti membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Setelah Anda terbiasa menggunakan skincare, Anda dapat menambahkan produk skincare lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Produk skincare (Ilustrasi) -pexels: karolina-grabowska-

Sigit Nugroho
Penulis
-->