Otomotif

Banyak yang Belum Tahu, ini Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

fin.co.id - 30/10/2023, 08:47 WIB

Panoramic Roof

FIN.CO.ID - Sunroof, moonroof, dan panoramic roof adalah fitur yang umum ditemukan pada mobil-mobil modern. Ketiga fitur ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk memberikan akses ke udara segar dan pemandangan langit. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar antara ketiga fitur tersebut.

Apa itu Sunroof?

Sunroof-Credit Image: Hyundai-

Sunroof adalah fitur yang paling sederhana dari ketiganya. Sunroof memiliki ukuran yang lebih kecil dan hanya dapat dibuka ke atas. Cara membuka sunroof adalah dengan mengangkat kaca ke atas dan menguncinya pada posisi tertentu.

Apa itu Moonroof?

Moonroof-Credit Image: Hyundai-

Moonroof mirip dengan sunroof, tetapi memiliki ukuran yang lebih besar dan dapat dibuka ke dalam. Cara membuka moonroof adalah dengan menggeser kaca ke dalam plafon mobil. Moonroof juga memiliki beberapa tingkat pembukaan, mulai dari membuka sebagian hingga membuka sepenuhnya.

Apa itu Panoramic Roof?

Panoramic Roof-Credit Image: Hyundai-

Panoramic roof adalah fitur yang paling kompleks dari ketiganya. Panoramic roof memiliki ukuran yang sangat besar dan membentang dari depan hingga belakang mobil. Panoramic roof tidak dapat dibuka, tetapi memiliki tirai yang dapat dibuka tutup untuk mengatur pencahayaan interior mobil.

BACA JUGA:

Perbandingan antara Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof?

Berikut adalah tabel perbandingan antara sunroof, moonroof, dan panoramic roof:

 

Fitur Ukuran Cara membuka Keunggulan Kekurangan
Sunroof Kecil Ke atas Akses udara segar dan pemandangan langit Harga terjangkau
Moonroof Sedang Ke dalam atau ke atas Akses udara segar dan pemandangan langit yang lebih luas Harga lebih mahal dari sunroof
Panoramic roof Besar Tidak dapat dibuka Akses udara segar dan pemandangan langit yang sangat luas Harga paling mahal

Kesimpulan

Sunroof, moonroof, dan panoramic roof adalah fitur yang dapat memberikan kenyamanan dan kesan mewah pada mobil. Pilihan fitur yang tepat tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda mencari fitur yang sederhana dan terjangkau, sunroof adalah pilihan yang tepat. Jika Anda mencari fitur yang lebih luas dan mewah, moonroof atau panoramic roof adalah pilihan yang tepat.

Tips perawatan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof

Untuk menjaga agar sunroof, moonroof, dan panoramic roof tetap berfungsi dengan baik, berikut adalah beberapa tips perawatan yang dapat Anda lakukan:

  1. Bersihkan secara rutin menggunakan kain lembut dan air sabun.
  2. Hindari membuka dan menutup fitur ini secara berlebihan.
  3. Periksa secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan.

BACA JUGA:

Dengan perawatan yang tepat, sunroof, moonroof, dan panoramic roof dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan. (*)

Sigit Nugroho
Penulis