News

OPSHID Bangun Rumah Gratis untuk Bangsa, Wujud Nyata Sumpah Pemuda

fin.co.id - 18/10/2023, 21:27 WIB

OPSHID Bangun Rumah Gratis untuk Bangsa, Wujud Nyata Sumpah Pemuda

FIN.CO.ID - Sumpah Pemuda merupakan momen bersejarah dalam perjalanan perjuangan kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Berdasarkan sejarahnya, keputusan ini diambil dalam Kongres Pemuda II yang berlangsung dari 27 hingga 28 Oktober 1928 di Batavia (sekarang Jakarta) dan dihadiri oleh perwakilan pemuda dari seluruh Nusantara.

Sumpah Pemuda menjadi simbol semangat persatuan dan kesatuan dalam berjuang menuju kemerdekaan.

Pasalnya, para pemuda Indonesia saat itu bersatu dalam tekad untuk mencapai tiga tujuan utama, yaitu mengikat persatuan seluruh pemuda Indonesia, menghilangkan perselisihan di antara pemuda, dan menggalang persatuan Indonesia dalam satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Sumpah Pemuda juga mengakui Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan melambangkan semangat nasionalisme.

Sejak saat itu, tanggal 28 Oktober pun diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda, dan menjadi pengingat akan semangat persatuan dan tekad untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Seiring perjalanannya, Hari Sumpah Pemuda selalu diperingati setiap tahunnya oleh berbagai kalangan masyarakat mulai dari instansi pemerintah, organisasi pemuda, hingga masyarakat umum.

Salah satunya Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah (OPSHID). Berbicara mengenai OPSHID, organisasi ini berdiri sejak tahun 2001.

Sejarah berdirinya OPSHID berawal dari semangat pemuda yang merupakan bagian dari Thoriqoh Shiddiqiyyah yang berfokus pada pengembangan spiritual dan moral, berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

Pada tahun 2001, pemuda yang tergabung dalam Thoriqoh Shiddiqiyyah merasa perlu memiliki wadah perjuangan yang lebih spesifik dan terorganisir.

Mereka ingin menjadi agen perubahan yang berkontribusi pada masyarakat dan bangsa. Sebagai tanggapan terhadap semangat ini, OPSHID secara resmi didirikan pada tanggal 17 Oktober 2001.

Organisasi ini pun berkomitmen untuk menjadi wadah bagi pemuda Thoriqoh Shiddiqiyyah dalam berbagai kegiatan yang mencakup pendidikan, sosial, dan keagamaan.

OPSHID juga bertujuan untuk mengembangkan pemuda yang berkarakter, berintegritas, dan aktif berperan dalam masyarakat.

Sejak berdirinya, OPSHID telah berkontribusi dalam pembangunan dan pemberdayaan pemuda Indonesia, menjaga semangat persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda, serta terus berkembang dalam berbagai aspek kehidupan.

Salah satu kegiatan atau program positif yang selalu dilakukan OPSHID dalam rangka tasyakuran memperingati hari-hari besar seperti Hari Sumpah Pemuda yakni dengan memberikan bantuan pembangunan rumah layak huni yang dikenal dengan nama Rumah Syukur Layak Huni Shiddiqiyyah (RSLHS).

Admin
Penulis
-->