Kesehatan

9 Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan, Cepat tanpa Obat

fin.co.id - 23/06/2023, 19:46 WIB

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan, Image: Mohammed Hassan / Pixabay

9 Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Cepat tanpa Obat  - Radang tenggorokan adalah kondisi yang bikin tenggorokan sakit, gatal, kering, atau nyeri saat menelan. 

Biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, tapi bisa juga karena alergi, polusi udara, merokok, atau refluks asam lambung. Radang tenggorokan bisa bikin aktivitas jadi terganggu dan nggak nyaman banget.

Nggak perlu khawatir, ada beberapa cara cepat menyembuhkan radang tenggorokan tanpa obat yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak tips berikut ini!

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Cepat

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan #1: Perbanyak minum air putih 

Air putih bisa membantu menjaga kelembapan tenggorokan dan mengeluarkan lendir yang menumpuk. Minum air putih hangat juga bisa menenangkan tenggorokan yang meradang. Kamu bisa tambahkan sedikit perasan lemon atau madu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan #2: Berkumur dengan air garam

Air garam bisa mengurangi peradangan dan membunuh kuman yang ada di tenggorokan. Caranya, campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Berkumurlah dengan larutan ini selama 30 detik, lalu buang. Ulangi 2-3 kali sehari sampai radang tenggorokan mereda.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan #3: Konsumsi madu

Madu memiliki sifat antimikroba yang bisa melawan infeksi dan menenangkan tenggorokan yang sakit. Kamu bisa mengonsumsi madu langsung atau mencampurkannya dengan air hangat atau teh hangat.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan #4: Konsumsi perasan air lemon

Lemon kaya akan antioksidan dan vitamin C yang bisa meredakan radang dan meningkatkan kekebalan tubuh. Lemon juga bisa menciptakan lingkungan asam yang mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi. Caranya, campurkan satu sendok teh perasan air lemon dengan segelas air hangat. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk memberikan rasa manis.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan #5: Konsumsi teh chamomile

Teh chamomile adalah salah satu jenis teh herbal yang bisa membantu mengobati radang tenggorokan. Teh chamomile memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antiseptik yang bisa mengurangi peradangan dan infeksi di tenggorokan. Selain itu, teh chamomile juga bisa memberikan efek relaksasi dan menenangkan pikiran.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan #6: Istirahat cukup dan hindari terlalu banyak bicara

Istirahat yang cukup bisa membantu tubuh memulihkan diri dari penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hindari juga terlalu banyak bicara atau berteriak agar tenggorokan tidak semakin iritasi.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan #7: Gunakan pelembap udara

Udara kering bisa membuat tenggorokan semakin kering dan sakit. Kamu bisa menggunakan pelembap udara atau humidifier untuk menjaga kelembapan udara di ruangan kamu.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan #8: Hindari rokok dan minuman berkafein

Asap rokok, baik dari merokok sendiri maupun dari orang lain, bisa memperparah iritasi dan peradangan di tenggorokan. Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi atau teh, juga bisa membuat tenggorokan semakin kering. Hindari hal-hal ini sampai radang tenggorokan kamu sembuh.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan #9: Konsumsi makanan lembut

Makanan yang keras, garing, atau berminyak bisa melukai tenggorokan yang sedang meradang. Pilihlah makanan yang lembut dan mudah ditelan, seperti bubur, sup, atau yogurt.

Conclusion

Itulah beberapa cara cepat menyembuhkan radang tenggorokan tanpa obat yang bisa kamu coba di rumah. Jika radang tenggorokan tidak kunjung sembuh dalam 10 hari atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Admin
Penulis
-->