Otomotif

Mengenal Teknologi Blue Core Yamaha yang Bisa Membuat Motor Enteng dan Irit

fin.co.id - 27/05/2023, 21:18 WIB

Teknologi Bluer Core Milik Yamaha diklaim membuat bahan bakar irit hingga 50 persen.

Teknologi Blue Core - Yamaha menanamkan teknologi blue core yang menjadi salah satu keunggulan komponen mesin sepeda motor. 

Tagline Yamaha Selalu Di Depan menjadikan pabrikan dengan logo garpu tala ini terus melakukan inovasi dengan teknologi-teknologi terbaik untuk tunjang keunggulan serta performa sepeda motor yang diproduksi. 

Teknologi Blue Core Yamaha 

Teknologi blue core yang dimiliki Yamaha merupakan fitur canggih buah hasil inovasi dari riset serta pengembangan yang dilakukan terus oleh pabrikan asal Jepang ini. 

Teknologi blue core Yamaha dideskripsikan perangkat yang mungkinkan proses pembakaran di motor jadi kian optimal. 

Optimalisasi berimplikasi semakin sedikitnya residu dari proses pembakaran terjadi. Sehingga pemakaian bahan bakar dapat jadi 50% lebih hemat. 

BACA JUGA: Kupas Tuntas Yamaha RX King 2023: Harga, Spesifikasi hingga Kecanggihan Fitur yang Disematkan

Di dalam proses pembakaran, tak semua energi diproduksi serta dihasilkan oleh sistem pembakaran mesin disalurkan lewat roda belakang. 

Energi terbuang itu akan membentuk gesekan serta panas. Dengan teknologi ini, panas karena gesekan terjadi dapat dimanfaatkan menjadi sumber pembakaran untuk hasilkan tenaga. 

Teknologi Blue Core pun membuat beban kendaraan jadi kian enteng karena desain di sasis diubah serta diganti dengan mesin terbuat dari bahan yang lebih ringan. 

Pada sejumlah tipe kendaraan, kendaraan blue core dapat turunkan kapasitas mesin serta mampu kurangi proses gesekan selalu terjadi saat piston tengah bekerja naik serta turun. 

BACA JUGA: Spek dan Harga Yamaha Soul GT Terbaru, di Luar Negeri Namanya Neo 125

Fungsi lain dari blue core Yamaha adalah menciptakan sistem pembakaran di mesin yang kian maksimal lewat perubahan desain pada bagian injektor bahan bakar serta katup. 

Semakin proses pembakaran sempurna, semakin emisi gas dikeluarkan dari saluran pembuangan sedikit. 

Blue core pun memungkinkan panas di mesin dapat dilepas dengan lebih cepat. Oleh karena itu, Yamaha selalu menggunakan model desain sirip di mesin pelepasan panasnya pada jumlah lebih banyak dan juga lebih rapat. Sistem kerja pendinginnya yang memakai air serta oli dapat disempurnakan yang tujuannya supaya tak begitu banyak energi terbuang. 

Selain mesin, ke depannya Yamaha pun memiliki niat untuk aplikasikan teknologi blue core di bodi motor. Itu karena pemakaian teknologi ini memang ditujukan di pengoptimalan sistem kerja mesin. Sehingga ketergantungan di perkakas elektronik serta sejenisnya dapat dikurangi. 

Admin
Penulis