Teknologi

Apa Itu BI Checking Online? Aplikasi Cek Skor Kredit yang Bisa dari Rumah

fin.co.id - 25/05/2023, 11:00 WIB

Aplikasi BI Checking Online

Apa Itu BI Checking Online? Aplikasi Cek Skor Kredit yang Bisa dari Rumah  - Berikut artikel ini akan mengulas BI checking online atau aplikasi cek kredit.

Bagi kalian yang pernah ajukan permohonan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lainnya. Bisa gunakan BI checking online.

BI checking menjadi syarat penting bagi kalian ingin melakukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Tanpa Agunan (KTA).

BI Checking merupakan aplikasi pengecekan riwayat kredit di sistem informasi Debitur (SID) Bank Indonesia (BI) yang dilakukan oleh debitur.

Aplikasi ini memiliki Sistem Informasi Debitur (SID) untuk mengetahui informasi dari nasabah yang memiliki kredit.

BACA JUGA: 3 Cara Download Video Instagram, Bisa Kamu Praktekkan Sendiri Sambil Rebahan

BACA JUGA: 7 Aplikasi Pemutar Musik Gratis yang Rekomendid buat Kamu

Dilansir dari laman resmi OJK, BI checking atau Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) memiliki tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan, termasuk penyediaan informasi debitur (iDeb).

Melalui aplikasi ini akan memudahkan suatu lembaga keuangan untuk mengecek riwayat kredit nasabah baik atau buruk. Hasilnya akan berpengaruh terhadap dikabulkan atau permohonan pinjaman fasilitas yang diajukan.

Lalu bagaimana cara menggunakan BI Checking secara online?

Cara Cek BI Checking Online

Pengecekan BI checking bisa dilakukan secara online

1. Buka aplikasi idebku (klik di sini)2. Klik menu pendaftaran lalu muncul cek ketersedian layanan3. Isi data diri untuk lakukan pendaftaran 4. Klik tombol selanjutna5. Isi data registrasi secara lengkap6. Pilih tujuan permohonan informasi BI Checking7. Masukkan nama ibu kandung8. Unggah foto kartu identitas9. Setelah lengkapi data yang dibutuhkan, klik tombol ajukan permohonan10. Jika pendaftaran berhasil, akan muncul nomor pendaftaran yang bisa dicek melalui menu status layanan pada halaman awal idebku.ojk.id11. Permohonan BI Checking akan diproses sistem sesuai nomor antrian.

Pihak OJK akan mengirim data permohonan yang diminta melalui alamat e-mail yang dimasukan

Demikian informasi BI Checking secara online semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Admin
Penulis
-->