Internasional

Zelenskyy dan Emmanuel Macron Bahas 10 Formula untuk Akhiri Perang Ukraina-Rusia

fin.co.id - 01/05/2023, 17:46 WIB

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Zelenskyy dan Emmanuel Macron Akhiri Perang Ukraina-Rusia -  Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara melalui sambungan telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. 

Keduanya membahas 10 poin formula perdamaian untuk mengakhiri perang Ukraina-Rusia.

"Saya berterima kasih kepada Macron atas dukungan Prancis yang komprehensif dan efektif bagi Ukraina," kata Zelenskyy dalam pernyataan di Telegram, dilansir Senin 1 Mei 2023. 

Zelenskyy mengatakan, mereka membahas kerja sama dalam bekerja dengan mitra internasional lainnya untuk mendukung formula perdamaian, yang pertama kali dia umumkan dalam KTT G20 di Bali, November tahun lalu.

BACA JUGA: Zelenskyy: Rusia Rencanakan Serang Ukraina Lewat Drone Buatan Iran

Rencana tersebut menyerukan penggunaan nuklir yang aman, keamanan pangan dan energi, serta penarikan militer Rusia dari Ukraina.

Zelenskyy mengatakan Macron telah diberi tahu tentang situasi di garis depan dan kebutuhan prioritas tentara Ukraina.

“Kecepatan dan kekhususan respons itu penting, itu adalah sesuatu yang secara signifikan meningkatkan kemampuan kami. Kami menghargai konfirmasi Perancis untuk menyediakan kendaraan lapis baja yang kuat untuk angkatan bersenjata kami," ujar dia.

Dalam pernyataan terpisah, kantor kepresidenan Ukraina menyebut Zelenskyy dan Macron juga mendiskusikan persiapan untuk KTT Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Lithuania, Juli mendatang.

BACA JUGA: Zelenskyy ke Putin: Tidak Ada Satu Orang pun di Bumi yang Akan Memaafkan Anda

Kedua pihak menilai bahwa keputusan yang kuat dan konkret mengenai jaminan keamanan untuk Ukraina harus disepakati dalam KTT tersebut, serta proses untuk mengundang Ukraina bergabung ke NATO harus diluncurkan.

Admin
Penulis
-->