Ekonomi . 20/03/2023, 14:52 WIB

Ini Strategi BRI Perkuat Transformasi Digital Empat Tahun Kedepan

Penulis : Admin
Editor : Admin

JAKARTA Perubahan pola transaksi nasabah telah mengakselerasi transformasi digital di antara industri keuangan dan perbankan tanah air. Diprediksi fenomena itu akan semakin menguat di masa mendatang seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin masif.

Hal tersebut menyebabkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mempersiapkan strategi digitalisasi dengan tiga fokus utama untuk 3 sampai 4 tahun ke depan.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha mengatakan tahun ini perseroan melanjutkan proses transformasi digital untuk fokus 3-4 tahun ke depan dengan tiga inisiatif utama.

BACA JUGA:Buat Rekening BRI Online, Pengguna Android dan iOS Masuk Sini

Seperti diketahui, transformasi digital telah ditempuh BRI setidaknya sejak 2015 lalu.

“Kami akan fokus dengan tiga pendekatan. Pertama, fokus dengan membangun resiliensi pada sistem yang kami miliki,” ujarnya dalam kuliah umum yang merupakan rangkaian acara Global Network Week 2023 at BRI dengan tema “Accelerating Digital Economy to Boost Financial Inclusion and Economic Growth”.

Arga menambahkan bahwa pihaknya akan memperkuat pusat data; mengokohkan stabilitas dan skalabilitas infrastruktur komputasi awan; serta meningkatkan skalabilitas, kecepatan hingga ketahanan pengalaman nasabah dalam mengakses aplikasi.

Perseroan pun akan mengoptimalkan pengelolaan portofolio aplikasinya. Selain itu, BRI juga terus melakukan inovasi sehingga aplikasi tersebut bisa aplikatif khususnya bagi nasabah di area rural.

BACA JUGA:BRImo, Mengenal Aplikasi Mobile Bank BRI

Fokus kedua adalah open banking dengan menyederhanakan, mempermudah desain dan pengembangan layanan.

Kemudian memaparkannya kepada pelanggan dan mitra perseroan melalui aplikasi BRIAPI.

“Sehingga produk layanan kami bisa dinikmati partner maupun nasabah kami secara lebih luas,” katanya dalam acara yang dihadiri lebih dari 100 mahasiswa Magister Manajemen Universitas Indonesia yang di antaranya berasal dari delegasi negara Australia, India, Japan, dan Afrika Selatan tersebut.

Strategi ketiga adalah mendorong dan menanamkan program BRIBrain yang lebih analitis terkait data dari produk yang diakses nasabah. Adapun BRIBrain merupakan salah satu ‘pusat otak’ BRI yang berbasis kecerdasan buatan atau AI.

BACA JUGA: Transformasi Digital BRI Berbuah Manis, 98,41% Nasabah BRI Gunakan Platform BRIMo

Manajemen perusahaan memiliki BRIBrain Academy sebagai program menyeluruh untuk mengembangkan inisiatif dan memupuk talenta AI.

           
© 2024 Copyrights by FIN.CO.ID. All Rights Reserved.

PT.Portal Indonesia Media

Alamat: Graha L9 Lantai 3, Jalan Kebayoran Lama Pal 7 No. 17, Grogol Utara, Kebayoran Lama, RT.7/RW.3 Kota Jakarta Selatan 12210

Telephone: 021-2212-6982

E-Mail: fajarindonesianetwork@gmail.com