Nasional

Zulkifli Hasan Bukan Lagi Prioritas PAN di Pilpres, Dukungan ke Ganjar Jadi Alasannya

fin.co.id - 28/02/2023, 18:52 WIB

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022.

Zulkifli Hasan Bukan Lagi Prioritas PAN di Pilpres, Dukungan ke Ganjar Jadi Alasannya - Partai Amanat Nasional (PAN) tidak lagi memprioritaskan Zulkifli Hasan menjadi calon presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Wasekjen PAN Fikri Yasin menyebut, PAN tak lagi memprioritaskan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk diusung menjadi bacapres di Pemilu 2024.

Fikri menegaskan, jika untuk memprioritaskan Zulkifli hasan diusung sebagai bakal capres sudah tidak karena ada pertimbangan.

BACA JUGA: Ridwan Kamil dan AHY Jadi Cawapres Favorit Netizen Facebook

"(Pertimbangannya) Ya karena tadi, nilai skor tertinggi (dukungan) kami, Ganjar. Kan enggak mungkin kami mau menabrak fakta itu, kemudian kami paksakan (mengusung) Bang Zul," kata Fikri, Selasa 28 Februari 2023. Fikri mengatakan, aspirasi dari dewan pimpinan PAN di berbagai daerah dan wilayah menginginkan sejumlah tokoh untuk diusung sebagai bacapres PAN.

Hanya saja, setelah diakumulasikan, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperoleh dukungan tertinggi. "Kami minta suara daerah-daerah, kepada wilayah, mereka menyampaikan itu. Masing masing wilayah itu berbeda, kami akumulasikan, tertinggi di internal kami adalah Ganjar," kata Fikri.

BACA JUGA: Duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir Paling Laku di Pasar Pemilu

PAN telah menyiratkan nama bakal calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024 adalah Ganjar Pranowo-Erick Thohir.

Hal tersebut tersirat dalam Rapat Koordinasi Nasional Pemenangan Pemilu PAN di Semarang, Jawa Tengah, Minggu 26 Februari 2023.  Yakni ketika Zulhas membacakan sebuah pantun pada akhir pidato sambutannya. “Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN. Jalan-jalan ke Simpanglima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, Insya Allah Indonesia tambah jaya,” kata dia. 

Admin
Penulis
-->