Internasional

Korban Meninggal Dunia Gempa Turki Mencapai Ribuan Orang

fin.co.id - 06/02/2023, 21:08 WIB

Tim penyelamat membawa seorang gadis dari bangunan yang runtuh pascagempa di Diyarbakir, Turki, Senin (6/2/2023). Ratusan orang di Turki dan Suriah meninggal dunia akibat gempa bumi bermagnitudo 7,8 yang mengguncang kedua negara bertetangga itu. ANTARA FO

Korban Meninggal Dunia Gempa Turki Mencapai Ribuan Orang -  Ribuan orang dikabarkan menjadi korban meninggal dunia dalam bencana alam gempa bumi di Turki.  

Gempa susulan terus mengguncang Turki setelah bagian tengah dan tenggara negara ini. Gempa Turki juga melanda Suriah utara. DIketahui Gempa Turki ini berkekuatan Magnitudo 7,8.

Berdasarkan catatan laman badan cuaca dan geofisika Amerika Serikat (USGS), sampai pukul 13.51 waktu setempat atau 17.51 WIB, sudah sekitar 34 gempa susulan yang berkekuatan besar di atas Magnitudo 4 mengguncang wilayah tenggara negara yang menapak di dua benua itu.

BACA JUGA: Gempa Turki 7,8 Skala Richter Terasa hingga di Suriah, Ratusan Orang Tewas

Gempa susulan berkekuatan besar ini memiliki skala antara paling rendah Magnitudo 4,2 sampai tertinggi Magnitudo 7,5.

Sebagai perbandingan, gempa Cianjur yang menimpa Cianjur di Jawa Barat pada 21 November 2022 memiliki kekuatan Magnitudo 5,6 dan menewaskan sekitar 630-an orang.

Kini, berdasarkan pembaruan data korban dari media-media asing termasuk The Times, Sky News, AP dan BBC, jumlah korban tewas akibat gempa bumi di Turki dan Suriah sudah mencapai sekitar 1.000 orang.

Laman harian terkemuka Turki, Hurriyet, menyebutkan daerah-daerah terparah tertimpa gempa dengan jumlah korban banyak adalah Pazarcık, Elbistan dan Turoglu yang semuanya berada di Provinsi Kahramanmaras yang tepat di utara Provinsi Gaziantep yang berbatasan dengan Suriah.

BACA JUGA: Gempa Turki, KBRI: Tak Ada Korban Jiwa WNI

Menurut data sementara kantor gubernur Kahramanmaras, sekitar 300 bangun ambruk di ibu kota provinsi ini yang juga bernama Kahramanmaras.

Wakil Presiden Turki Fuat Okay, Hurriyet juga melaporkan bahwa total 1.710 bangunan ambruk di 10 provinsi di Turki.

Badan penanggulangan bencana Turki8 (AFAD) menyebutkan bahwa gempa bumi dahsyat itu berkedalaman 7 km di bawah permukaan distrik Pazarcık di Kahramanmaras, pukul 4:17 pagi waktu setempat.

Pazarcık bahkan diguncang 66 gempa susulan tak lama setelah gempa utama dan kekuatannnya di atas 5 Magnitudo.

BACA JUGA: Indonesia, Turki dan Arab Kutuk Keras Pembakaran Alquran di Swedia

AFAD mengungkapkan provinsi-provinsi yang terkena gempa adalah Gaziantep, Sanlıurfa, Diyarbakır, Adana, Adıyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay dan Kilis, selain juga Suriah dan Lebanon.

Admin
Penulis
-->