Internasional

Perang Rusia Ukraina, Presiden Putin: Kami Ingin Akhiri Peperangan Ini

fin.co.id - 23/12/2022, 13:23 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin

MOSKOW, FIN.CO.ID-  Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa pihaknya ingin mengakhiri perang Rusia dan Ukraina. Menurutnya, penghentian perang di Ukraina akan melibatkan solusi diplomatik.

Putin berujar, bahwa Rusia bukan ingin membuat peperangan berkepanjangan, tetapi ingin agar perang segerah diakhiri secepatnya.

"Tujuan kami bukan untuk memutar roda konflik militer, tetapi sebaliknya, untuk mengakhiri perang ini. Kami akan berusaha untuk mengakhiri ini, dan tentu saja lebih cepat lebih baik," ujar Putin dilansir dari Reuters, Jumat 23 Desember 2022. 

Putin membuat pernyataan terserbut, sehari setelah Presiden AS Joe Biden menjamu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Gedung Putih dan menjanjikan dukungan AS untuk Ukraina.

"Saya telah mengatakan berkali-kali: intensifikasi permusuhan menyebabkan kerugian yang tidak dapat dibenarkan," kata Putin.

BACA JUGA: Erdogan Bicara ke Putin dan Zelenskyy, Minta Perang Segera Dihentikan

"Semua konflik bersenjata berakhir dengan satu atau lain cara dengan semacam negosiasi di jalur diplomatik," tambahnya. 

"Cepat atau lambat, pihak mana pun dalam keadaan konflik duduk dan membuat kesepakatan. Semakin cepat kesadaran ini datang kepada mereka yang menentang kita, semakin baik. Kami tidak pernah menyerah dalam hal ini," ucap Putin.

Namun demikian, menurut juru bicara Gedung Putih, John Kirby mengatakan Putin sama sekali tidak menunjukkan konsisten untuk akhiri peperangan dengan bernegosiasi.

BACA JUGA: Vladimir Putin Turut Berduka Atas Korban Gempa Cianjur, Disusul Dubes Jepang dan Amerika

"Justru sebaliknya, semua yang dia (Putin) lakukan di darat dan di udara menunjukkan seorang pria yang ingin terus melakukan kekerasan terhadap rakyat Ukraina dan meningkatkan perang," ujar John Kirby.

Kirby menegaskan kembali bahwa Biden terbuka untuk pembicaraan dengan Putin jika pemimpin Rusia itu menunjukkan keseriusan tentang negosiasi.

Lain sisi, pihak Ukraina menuding pernyataan Putin tersebut sebagai upaya untuk mengulur waktu setelah serangkaian kekalahan militer Rusia di Ukraina.

Ukraina mengatakan Rusia harus menghentikan serangannya dan menyerahkan semua wilayah yang telah direbutnya jika ingin akhiri perang.

 

Admin
Penulis
-->