Lifestyle

Tanggal 5 November Memperingati Hari Apa? Simak Penjelasan Berikut

fin.co.id - 05/11/2022, 06:20 WIB

November (net)

JAKARTA, FIN.CO.ID-  Anda penasaran tanggal 5 November memperingati hari apa. Ya, ada beberapa hari besar yang diperingati di setiap bulan November. Termasuk 5 November. 

Meskipun 5 November bukan hari libur nasional, tapi 5 November terdapat hari Nasional yang ikut diperingatkan oleh masyarakat Indonesia yang peduli lingkungan. 

Lantan 5 November itu hari apa? 5 November adalah hari Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. 

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 5 November ditetapkan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat atas perlindungan, dan pelestarian puspa dan satwa nasional.  

Hari Cinta Puspa dan Satwa pertama kali diprakarsai oleh Presiden Soeharto pada tahun 1993 dengan mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional. 

BACA JUGA: 8 November, Diprediksi Terjadi Gerhana Bulan Total, Yuk Kenali Macamnya

BACA JUGA:Fenomena 3 November 2022, Tengah Hari Lebih Awal dari Biasanya

Hari Hari Cinta Puspa dan Satwa kemudian menjadi agenda tahunan setiap 5 November. 

Dalam sambutan Presiden Soeharto pada Upacara Pencanangan Tahun Lingkungan Hidup tanggal 10 Januari 1993 di Jakarta, seperti dikutip dari buku Mimbar kekaryaan ABRI, Presiden Soeharto menyampaikan pesan tentang tujuan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional sebagai berikut.

"Untuk terus menerus meningkatkan diri kita agar kita selalu menjaga kelestarian fungsi lingkungan, maka kita telah menetapkan satu hari dalam setahun sebagai hari yang menggugah kesadaran dan kecintaan kita semua pada puspa tanaman dan satwa alam kita. Untuk itu saya menetapkan tanggal 5 November sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional." kata Presiden Soeharto.

BACA JUGA: Mengenal Hari Arwah Sedunia yang Dirayakan Setiap 2 November

BACA JUGA:Harga BBM Pertamina Terbaru Mulai 1 November 2022, Ada Kenaikan Harga

Tiga jenis satwa yang masing-masing mewakili satwa darat, air, dan udara, dinyatakan sebagai Satwa Nasional, dan selanjutnya dikukuhkan penyebutannya sebagai beriku:

Komodo (Varanus Komodoensis) sebagai satwa nasional.

Ikan Siluk Merah (Sclerophages Formosus) sebagai satwa pesona.

Admin
Penulis
-->