Health

Cara Melepas Cincin dari Jari yang Bengkak, Ini Langkahnya

fin.co.id - 19/08/2022, 18:15 WIB

Cara Melepas Cincin di Jari yang Bengkak, Image oleh Andrew dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menggunakan cincin yang ukurannya terlalu sempit dapat menyebabkan jari tangan membengkak. Akibatnya cincin terjebak dan tidak bisa dilepaskan.

Jika dibiarkan, kondisi ini akan memperburuk jari tangan yang membengkak tersebut.

Pada beberapa kasus, cincin bisa dipaskan dari jari yang bengkak, dengan memanfaatkan cairan pelicin seperti sabun, sampo, lotion, baby oil, atau juga petroleum jelly.

(BACA JUGA: Cincin Tak Bisa Lepas, IRT di Tangerang Datangi Pos Damkar dengan Kondisi Tangan Bengkak dan Kemerahan)

Namun pada kasus tertentu, ketika bengkaknya sudah terlalu parah, maka melepas cincin dari jari yang bengkak ini akan semakin sulit untuk dilakukan.

Dalam kasus seperti ini, ada cara yang bisa dilakukan untuk melepas cincin, yakni dengan terlebih dahulu menurunkan bengkak pada jari.

Nama tekniknya menurut Hello Sehat adalah Metode RICE, Rest (istirahat), Ice (es), Compression (kompres) dan Elevation (mengangkat bagian yang cedera).

Cara adalah dengan merendam jari yang terdampak di dalam air es. Pastikan posisi wadah rendaman air es ini lebih tinggi dari kepala, dan dilakukan selama 10 menit.

Setelah 10 menit, keluarkan jari dari air. Lalu berikan tekanan pada jari bagian atas cincin dengan jemari tangan Anda yang lain. Secara perlahan coba untuk menarik cincin keluar dari jari yang bengkak itu.

Jika Anda merasa tidak mampu mengeluarkannya sendiri, maka Anda bisa mencari pertolongan di toko perhiasan, pemadam kebakaran atau langsung ke UGD.

Terlambat atau membiarkan bengkak berlarut tanpa pertolongan, akan menyebabkan kerusakan permanan pada jari yang bengkak.

Penyebab Rasa Gatal di Ujung Jari Tangan

Anda kerap mengalami rasa gatal di ujung jari jari tangan? Kejadiannya bukan baru-baru ini saja, akan tetapi berlangsung dalam waktu lama.

Menurut ahli, hal ini dapat dikaitkan dengan beberapa faktor penyebab.

Selain karena stress, rasa gatal pada ujung tangan dan kaki yang dimakud bisa jadi reaksi alergi tubuh Anda terhadap alergen atau pemicu alergi.

Admin
Penulis
-->