Teknologi

Beredar Video di TikTok Ngecas Baterai Pake Rice Cooker, Ini Bahayanya menurut Prof Nizam

fin.co.id - 18/08/2022, 16:07 WIB

Beredar Video di TikTok Ngecas Baterai Pake Rice Cooker, Ini Bahayanya menurut Prof Nizam

Rice Coooker, Image oleh Rizky Dwi dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID – Beredar sebuah video di TikTok yang mengklaim bahwa baterai dapat bertahan selamanya, jika panaskan dengan rice cooker atau penanak nasi.

Melalui video singkat itu, seorang pengguna TikTok mengklaim jika dirinya bisa ngecas baterai dengan cara memanaskannya menggunakan rice cooker.

Adapun narasi yang tertulis dalam postingan itu adalah sebagai berikut:

(BACA JUGA: TikTok Larang Postingan Politik Berbayar, Ini akibatnya jika Melanggar Ketentuan)

"trik biar batu battrey awet selamanya #edukasitiktok #creatip #fyp,".

Pertanyaannya, benarkah baterai bisa ulang jika dipanaskan dengan rice cooker?

Jawabnya menurut Dosen Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Profesor Muhammad Nizam adalah tidak sesimpel itu.

Ia menjelaskan bahwa dengan memanaskan baterai memang akan elektron di dalam baterai itu terstimulasi. Adanya peningkatan suhu menjadi penyebabnya.

Hanya saja, bukan berarti baterai itu lalu kembali terisi dayanya, karena dengan dipanaskan, baterai seolah-olah akan terisi ulang dan berfungsi kembali.

Akan tetapi faktanya, sebagaimana dilaporkan CekFakta, hal itu tidak akan berlangsung lama.

Nizam juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mencoba tips yang beredar di TikTok tersebut, terkait dengan potensi bahayanya.

Potensi bahaya yang dimaksud di sini adalah kebocoran zat kimia di dalam isi baterai. Selain keluarnya cairan kimia, hal ini juga berpotensi menyebabkan ledakan ketika baterai dipanaskan rice cooker.

Belum lagi, risiko kontaminasi kimia yang akan mengendap pada rice cooker, apalagi jika rice cooker ini nantinya masih akan digunakan untuk menanak nasi.

Admin
Penulis
-->