Health

Selangkangan Gatal Bukan Main, Terlebih di Malam Hari, Ini Penyakitnya

fin.co.id - 21/07/2022, 23:33 WIB

Selangkangan, Image oleh Darko Djurin dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda mengeluhkan rasa gatal bukan main di area selangkangan. Ketika malam hari, kondisi ini biasanya memburuk, membuat Anda ingin sekali menggaruknya.

Menurut ahli, rasa gatal yang terjadi di area selangkangan dan menjadi-jadi di malam hari itu, disebabkan oleh infeksi skabies.  

“(Selain itu) peradangan kulit / dermatitis kontak, iritasi, penyakit autoimun / psoriasis, (juga dapat menyebabkan hal yang sama),” kata dr. Andysti Ate seperti dikutip FIN dari Alodokter.

(BACA JUGA: Penyebab Nyeri Selangkangan)

Hanya saja untuk memastikan kondisi yang Anda derita, hal ini membutuhkan pemeriksaan langsung oleh dokter.

Terkait dengan masa pemulihan, hal ini menurut dr. Andysti Ate, akan sangat tergantung dengan kondisi penyakit yang dialami saat ini.

Tips Menjaga Kebersihan Area Selangkangan

•    Membersihkan area selangkangan hingga bersih(menggunakan sabun dan air bersih)•    Menjaga area selangkangan tetap kering•    Jangan berbagi penggunaan lat mandi, handuk, celana dengan orang lain•    Ganti pakaian secara rutin setiap harinya•    Apabila dirasa gatal janganlah menggaruk, akan tetapi gunakan kompres dingin•    Hindari penggunaan sabun cuci pakaian yang mungkin menyebabkan kulit gatal

“Bila keluhan yang Anda alami tidak membaik dan bertambah berat, sebaiknya untuk segera kembali melakukan pemeriksaan dokter secara langsung kembali ya, agar dapat dievaluasi kembali dan mendapatkan penanganan yang tepat,” tutup dr. Andisty Ate.

Gatal pada Alat Kelamin akibat Penggunaan Lotion

Bicara kehidupan intim, maka kebiasaan orang ‘main sendiri’ menggunakan lotion adalah yang umumnya dilakukan kaum pria.

Akan tetapi pada beberapa kasus, ditemukan bahwa penggunaan lotion untuk membantu aksi pria ‘main sendiri’ ini menyebabkan gangguan pada kulit kemaluan mereka.

Jika tidak kulit kemaluan yang mengering, rasa gatal pada alat kelamin juga adalah yang kerap dikeluhkan para pria yang menggunakan lotion sebagai pelicin.

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, kondisi ini adalah kaitannya dengan efek alergi terhadap bahan yang dikandung dalam lotion itu sendiri.

“Gatal usai penggunaan lotion tertentu saat onani bisa jadi menandakan Anda mengalami alergi atau iritasi akibat berkontak dengan kandungan dalam lotion tersebut,” jelas dr. Nadia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Admin
Penulis
-->