Internasional

MUI Sesalkan Pernyataan Politikus BJP di India yang Menghina Nabi Muhammad

fin.co.id - 07/06/2022, 16:08 WIB

Nupur Sharma, Image Credit: @@NupurSharmaBJP/Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Majelis Ulama Indonesia (MUI) sesalkan ucapan politikus BJP di India, Nupur Sharma, yang dianggap telah menghina Nabi Muhammad.

Kejadiannya saat Ctengah berbicara dalam sebuah acara debat di stasiun TV setempat.

“MUI menyesalkan pernyataan Juru Bicara BJP yang menghina Nabi Muhammad SAW,” kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Prof Sudarnoto Abdul Hakim dalam sebuah pernyataan.

Debat yang disiarkan di TV lokal ini, adalah terkait kisruh soal letak Masjid Gyanvapi yang bersebelahan dengan kuil Kashi Vishnawanth, di mana keduanya sama-sama berlokasi di Varanasi, India.

Dalam pernyataannya, Prof Sudarnoto mengatakan bahwa Nupur Sharma seharusnya hanya fokus terhadap penyelesaian kisruh tersebut, tanpa menghubungkan masalah ini pada kebencian terhadap Islam, yang kemudian memicu protes dunia.

Menurut Prof Sudarnoto, apa yang diucapkan Nupur Sharma telah melukai perasaan umat Muslim dunia, sebuah sikap yang dinilainya tidak bertanggungjawab, tidak sensitif dan tidak terpuji.

Apa yang dilakukan oleh Jubir BJP, yang kini sudah dicopot dari jabatannya itu, bertentangan dengan semangat toleransi umat beragam, dan pelanggaran terhadap Resolusi PBB.

“MUI berpandangan bahwa tindakan tersebut berlawanan dengan semangat untuk menciptakan harmoni antaragama, dan berlawanan dengan Resolusi PBB tentang Memerangi Islamofobia (Maret 2022),” terangnya.

Pemerintah India diimbau oleh MUI untuk menghormati dan melaksanakan Resolusi PBB tentang Memerangi Islamofobia dan tidak menjadi bagian dari islamofobia serta tidak melindungi pelaku islamofobia.

Dalam pernyataan itu, Prof Sudarnoto menyampaikan apresiasinya atas Langkah tegas BJP dalam mendengar suara protes masyarakat Muslim dunia.

Ia juga berharap agar kejadian serupa, tidak lagi terjadi dan bukan hanya terbatas pada Islam saja, namun juga agama lain yang ada.

Sementara itu untuk Pemerintah RI, MUI telah mengusulkan dialog bilateral lintas agama Indonesia-India, guna memoderasi kelompok agama di kedua pihak.

Pemerintah India Cepat Tanggap Meredakan Kemarahan Umat Muslim Dunia

Akhir pekan lalu, pemerintah India bekerja keras untuk meredakan kemarahan masyarakat di dalam dan luar negeri, terkait komentar dua petinggi partai BPJ yang dianggap menghina Nabi Muhammad.

Seperti dilansir Reuters, pihak kepolisian setempat telah menangkap 38 pihak diduga terlibat dalam aksi kerusuhan di sebuah kota utara India, dengan Mumbai menjadi kota berikutnya.

Admin
Penulis
-->