Health

Bisa Bikin Kumat, Ini Daftar Buah yang Pantang Dimakan Penderita Asam Lambung

fin.co.id - 07/06/2022, 19:11 WIB

Asam Lambung, Image oleh Natural Herbs Clinic dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Keluhan rasa sakit yang dirasa orang di perut bagian atas, selain juga rasa pahit di mulut dan rasa pusing, bisa dikaitkan dengan masalah seperti asam lambung atau GERD.

Mereka yang asam lambungnya kumat, umumnya mengeluhkan pula rasa sesak di area dada, selain makanan atau cairan yang naik ke esofagus.

Kondisi ini umumnya dipicu oleh apa yang dimakan orang. Makan makanan berlemak, asam, pedas, atau yang mangandung kafein adalah beberapa di antaranya.

(BACA JUGA: 4 Makanan dan Minuman yang Bantu Redakan Gejala Asam Lambung)

Oleh sebab itu, mereka yang punya asam lambung disarankan untuk mengindari pantangannya, salah satunya adalah beberapa jenis buah-buahan.

Ya, menurut ahli, via Alodokter, bukannya menyehatkan, beberapa jenis buah justru dapat berdampak buruk bagi mereka yang punya masalah asam lambung.

Berikut ini daftar buah yang masuk dalam pantangan penderita asam lambung, yang wajib dihindari penderita asam lambung:

Jeruk

Buah yang masuk dalam jenis buah sitrus ini, selain jeruk ada juga jeruk nipis, dan lemon, mengandung akan asam yang dapat memicu asam lambung menjadi kambuh. Dikonsumsi bareng air putih, sangat disarankan bagi mereka yang punya asam lambung, namun ingin makan jeruk. Tomat

Gak cuma buahnya, ya tomat itu buah bukan sayur, saos tomat juga masuk dalam pantangan penderita asam lambung, lantaran dapat mengiritasi lapisan dinding lambung dan kerongkongan.

Apel Hijau

Karena punya kandungan asam lebih tinggi dari apel mereha, apel hijau ini masuk dalam daftar tersebut, lantarna punya potensi memperparah kondisi penyakit asam lambung.

NanasTidak selalu menyebabkan asam lambun kambuh, namun tingginya kadar pH nanas ini terkadang menyebabkan asam lambung menjadi kambuhan, apa lagi jika dikonsumsi tanpa batas.

Cara Mengatasi Asam Lambung Menurut Pakar Gaya Hidup Sehat ala Islam

"Tipsnya hindari makanan yang jadi pemicunya," kata dr. Zaidul Akbar seperti dikutip FIN dari Instagram resminya.

Admin
Penulis
-->