Health

Agar Aman, Ini Batasan Minum Kopi untuk Penderita Darah Tinggi Menurut Dokter

fin.co.id - 07/06/2022, 20:30 WIB

Kopi hitam, Image oleh chico明 dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Minum kopi memang diakui oleh beberapa studi punya benefit tersendiri untuk manusia, salah satunya memangkas risiko orang terkena diabetes di kemudian hari.

Selain itu, konsumsi kopi juga baik untuk membantu tubuh dalam memangkas berat berlebih di dalam tubuh.

Akan tetapi, bagi sebagian orang, salah satunya penderita darah tinggi, konsumsi kopi tidak lantas bisa begitu saja dinikmati.

(BACA JUGA: Ingin Kopi Terasa Manis tapi tanpa Gula? Ini Penggantinya yang Aman agar Gak Diabetes)

Tau akan batas amannya adalah yang dianjurkan bagi penderita darah tinggi, namun tetap ingin menikmati suguhan kopi, mau itu panas mau pun dingin.

Dan ketika bicara membatasi konsumsinya, ahli berpendapat bahwa mereka yang darah tinggi, tidak dianjurkan meminum kopi lebih dari 200 mg per harinya.

Jika disetarakan dengan kopi racikan atau brewed coffee, maka mereka yang darah tinggi, disarankan tidak meminumnya lebih dari 355 ml dalam sehari.

Risiko Minum Kopi jika Berlebihan pada Penderita Darah Tinggi

Seperti diketahui, konsumsi kopi sebagaimana diklaim ahli, dapat menyebabkan peningkatan dramatis pada tekanan darah, meski efeknya tidak berlangsung lama.

Perlu dicatat, konsumsi kopi menunjukan efek yang berbeda antara orang satu dan lainnya, penyebabnya sendiri, menurut Mayo Clinic, belum bisa dijelaskan secara pasti oleh medis.

Namun beberapa berpendapat, bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalamnya, dapat mencegah kinerja hormon tertentu, yang salah satu fungsinya menjaga kelancaran kerja pembuluh darah arteri.

Seperti diketahui, darah tinggi adalah salah satu penyebab serangan jantung dan stroke pada manusia.

Dua kondisi di atas, adalah beberapa penyumbang tertinggi angka mortalitas, sekaligus disabilitas di seluruh dunia.

Sebab itu bagi peminum kopi yang punya masalah dengan hipertensi, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Di situ, dokter akan menentukan apakah konsumsi kopi aman untuk darah tinggi mereka, dengan cara membatasi jumlahnya, atau disarankan untuk berhenti sama sekali.

Admin
Penulis
-->