Internasional

Ingat Ya Calon Jamaah Haji, Dilarang Merokok di Arab Saudi, Apalagi di Masjid Nabawi

fin.co.id - 06/06/2022, 17:40 WIB

Jemaah haji Kabupaten Tangerang yang akan berangkat ke Tanah Suci.

JAKARTA, FIN.CO.ID - Jamaah calon haji Indonesia diingatkan agar tidak merokok di Arab Saudi terutama areal Masjid Nabawi karena adanya larangan merokok di negara tersebut.

"Merokok di Saudi dilarang. Jadi jangan merokok di pelataran masjid nanti bisa ditangkap," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Amin Handoyo dikutip dari Media Center Haji di Madinah, Arab Saudi, Senin, 6 Juni 2022.

(BACA JUGA: Puluhan Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Tangerang Batal Berangkat, Begini Penjelasan Kemenag)

Karena itu, ia mengingatkan jamaah untuk mematuhi aturan larangan merokok tapi bagi jamaah yang ingin merokok sebaiknya memahami situasi dan mencari tempat yang aman.

"Sehingga ketika merokok harus pandai-pandai mencari tempat yang sekiranya aman bagi dirinya, aman bagi orang lain dan aman dari keamanan," kata Amin.

Selain di Masjid Nabawi, larangan merokok juga berlaku di hotel tempat penginapan jamaah yang sudah dilengkapi dengan alarm kebakaran.

(BACA JUGA: Hari Ini 3.169 Orang, Total 5.945 Jemaah Haji Terbang ke Arab Saudi)

"Di penginapan juga ada alarm, kalau merokok kemudian bunyi alarm yang lain jadi panik," ujarnya.

Operasional penyelenggaraan ibadah haji saat ini memasuki hari ke-3 fase pemberangkatan jamaah. Total ada 5.920 jamaah dan petugas yang sudah diberangkatkan ke Arab Saudi. Mereka tergabung dalam 15 kelompok terbang (kloter).

Sementara hari ini ada 2.046 jamaah dan petugas yang akan diberangkatkan ke Madinah. Mereka tergabung dalam lima kloter dan akan berangkat dari empat embarkasi.

Admin
Penulis
-->