Internasional

Ular Berkepala Dua Sepanjang Lima Kaki Ini Bakal Berusia 17 Tahun dalam Waktu Dekat

fin.co.id - 2022-05-13 19:45:46 WIB

Ular Tikus Berkepala Dua Cape Girardeau Conservation Nature Center, Image Credit: Missouri Department of Conservation

MISSOURI, FIN.CO.ID - Seekor ular berkepala dua bikin kagum para ilmuwan, dengan mampu bertahan hidup hampir selama 17 tahun lamanya.

Ular berkepala dua yang hidup di Cape Girardeau Conservation Nature Center, Missouri, AS itu, dalam waktu dekat ini bakal merayakan ulang tahunnya yang ke-17.

Sebelumnya, ular berkepala dua langka ini diprediksi tidak akan mampu hidup lama, membantah kemungkinan hidup 1 banding 100 juta.

Sekarang panjang sudah mencapai lima kaki (1,5 meter), ular ini pertama kali ditemukan di Missouri pada tahun 2005 lalu.

Jauh hari, ular tikus berwarna hitam ini, tidak berbisa, memiliki masalah dengan cara ia menelan, dan dianggap tidak akan bertahan hidup dalam waktu lama.

Sementara itu menurut anggota dewan British Herpetological Society, yang juga pakar ular, Steve Allain mengatakan, jika ular ini bukanlah ular berkepala dua yang pertama, mampu hidup dengan umur yang panjang.

Sebelumnya, ada juga ular berkepala dua, dan mampu bertahan hidup hingga 20 tahun, sebelum akhirnya mati.

"Namun dalam kasus ini, perbandingannya untuk hidup panjang adalah satu banding seratus juta," kata Steve Allain seperti dikutip dari Mirror.

Untuk bertahan hidup, ular ini menurut Steve, harus secara masing-masing mengempani diri mereka sendiri, seperti halnya dua ular yang berbeda. Untuk bisa melakukan itu, ular ini lanjut Allain, harus memakan makanan mereka secara bergantian, dan tidak bisa bersamaan.

Akan tetapi lanjut Allain lagi, alasan mengapa ular berkepala dua ini mampu mencapai usia 17 tahun, adalah  lantaran mereka hidup dalam penangkaran.

Pada kebanyakan kasus, "Ular berkepala dua tidak akan mampu bertahan (selama ini di alam liar)," ungkapnya.

Admin
Penulis