Health

Ini Efek Kena Omicron pada Mereka Yang Sudah Terlindungi Tiga Dosis Vaksin

fin.co.id - 12/04/2022, 16:34 WIB

Vaksin COVID, Ilustrasi oleh Alexandra_Koch dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menurut ahli mereka yang terpapar Omicron, namun terlindungi oleh tiga dosis vaksin, hanya akan mengalami gejala singkat yang disebabkan oleh paparan corona itu.

Klaim itu dikeluarkan oleh para ahli dari King's College London, usai mempelajari ribuan data pasien COVID, yang terpapar Omicron dengan kriteria di atas.

Gejala yang disebut mirip yang kena flu biasa itu, bertahan antara 4 hingga 8 hari, jika mereka sudah mendapatkan tiga dosis yang dimaksudkan.

Akan tetapi, studi itu tidak menyebutkan efeknya terhadap mereka yang terpapar varian BA.2, terhadap mereka yang terlindungi tiga dosis vaksin.

"Temuan ini menunjukan bahwa masa inkubasi dan periode penularan dari Omicron juga lebih singkat," kata Profesor Ana Valdes yang terlibat dalam studi ini, seperti dikutip The Sun.

Menurut studi itu, mereka yang baru saja menerima booster atau dosis tambahan, juga dapat memangkas 50 persen risiko terpapar Omicron.

Ada pun ciri yang ditunjukan mereka yang terpapar Omicron, adalah seperti nyeri tenggorokan dan suara serak dan lainnya meliputi:•    Sulit konsentrasi•    Mata perih•    Pusing•    Sakit kepala•    Demam

Para peneliti juga menemukan jika Omicron ini tidaklah menyerang bagian paru-paru, separah varian sebelumnya.

Omicron juga cenderung tidak bertahan lama pada mereka yang sudah tervaksinasi.

Sementara itu, mereka yang tidak terlindungi secara penuh, dilaporkan menunjukan gejala lebih berat, juga  dengan durasi yang lebih lama untuk kembali pulih.

Ciri Omicron pada Balita

Para ahli mengingatkan orang tua tentang ciri-ciri paparan Omicron pada balita.

Sebagaimana dilaporkan The Sun awal Aprli lalu, beberapa balita, satu dari lima kasus, menunjukan gejala spesifik paparan Omicron pada kulit mereka.

Ciri yang dimaksud di sini, adalah ruam pada kulit, di mana kulit terlihat kemerahan di sekujur tubuh.

Tidak hanya menyebabkan ruam di sekujur tubuh, balita yang terpapar corona juga menunjukan gejala lain.

Admin
Penulis
-->