Nasional

Angka Kepercayaan Publik di Bawah Polri, Ketua KPK Justru Bersyukur

fin.co.id - 05/04/2022, 20:58 WIB

Ketua KPK Firli Bahuri

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri bersyukur menanggapi hasil survei Indikator Politik Indonesia tentang kepercayaan publik terhadap 12 lembaga negara.

Hasil survei itu menempatkan KPK dengan angka kepercayaan publik 74 persen di bawah TNI, Presiden, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, hingga Polri. Menurut Firli, hasil jajak pendapat itu bakal dijadikan acuan untuk memperbaiki kinerja lembaga antirasuah

"Kami tentu bersyukur dengan pencapaian ini, dan sekali lagi akan terus memperbaiki diri. Kepercayaan masyarakat adalah modal besar kami untuk bekerja," kata Firli dalam keterangannya, Selasa, 5 April 2022.

(BACA JUGA: Makin Panas! Kuasa Hukum Adam Deni Serahkan Informasi Dugaan Korupsi Ahmad Sahroni ke KPK)

Ia juga bersyukur atas peningkatan indeks kepercayaan pada November 2021 yakni 71,1 persen menjadi 75,2 persen pada awal Februari 2022.

Menurut dia, pemberitaan media yang menyebut kinerja KPK kian merosot perlu melihat hasil survei Indikator Politik secara lengkap.

Pasalnya, sejak November 2021, indeks kepercayaan publik kepada KPK terus mengalami peningkatan.

(BACA JUGA: KPK Minta Angelina Sondakh Laporkan Dalang Korupsi Hambalang untuk Diusut)

"Ada pasang surut dalam tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja setiap lembaga. Apapun, dinamika yang tercermin dalam hasil survei akan selalu menjadi bahan evaluasi kinerja lembaga kami," ucap Firli.

Ia menyebut, hasil survei yang ditampilkan juga dipengaruhi oleh ekspos media. Untuk itu, ia mengharapkan agar pemberitaan terhadap kinerja KPK dilakukan secara berimbang.

"Saat ini, selain mengungkap kasus-kasus besar di tingkat nasional maupun di daerah, KPK sedang secara serius meningkatkan kinerja Asset Recovery, Fungsi Pencegahan dan Pendidikan, serta Keterlibatan dalam ACWG G20 yang mempengaruhi citra penanganan korupsi kita di mata dunia," tukasnya.

(BACA JUGA: Terbukti Berselingkuh, 2 Pegawai KPK Disanksi Etik Dewan Pengawas)

Sebelumnya, hasil survei Indikator Politik Indonesia mengungkap tingkat kepercayaan publik terhadap KPK berada di bawah TNI hingga Polri.

Adapun tingkat kepercayaan publik terhadap institusi paling tinggi adalah TNI dengan 93 persen yang disusul oleh tingkat kepercayaan terhadap Presiden 85 sebesar persen.

Kemudian Mahkamah Agung (MA) 79 persen; Mahkamah Konstitusi (MK) 78 persen; Polri 76 persen; Pengadilan 74 persen; KPK 74 persen dan Kejaksaan 74 persen. Selain itu, MPR 67 persen; DPD 65 persen; DPR 61 persen dan Partai Politik 54 persen.

Admin
Penulis
-->