Internasional

Ambisi Israel Jalin Hubungan dengan Indonesia

fin.co.id - 2022-01-27 10:09:05 WIB

Israel menyatakan keinginan besarnya untuk bisa menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia.

JAKARTA, FIN.CO.ID  - Israel menyatakan keinginan besarnya untuk bisa menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Negara Yahudi saat ini tengah berambisi dapat membangun kesepakatan normalisasi dengan sejumlah negara mayoritas Muslim lainnya seperti Indonesia hingga Arab Saudi,

Sebelumnya, Israel berhasil rujuk dengan Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko pada 2020 yang dibantu Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid, mengungkapkan sedang mencari cara untuk "memperluas Kesepakatan Abraham ke negara-negara lainnya" di luar Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan dan Maroko.

(BACA JUGA: Prabowo Disebut Sedang Lobi Normalisasi Hubungan Israel-Indonesia, Fadli Zon Bereaksi Keras! )

"Jika Anda bertanya kepada saya negara penting apa yang sedang kami bidik, Indonesia adalah salah satunya, Arab Saudi tentu saja masuk, tetapi hal-hal ini membutuhkan waktu," kata Lapid saat diwawancarai radio Angkatan Darat Israel, seperti dikutip Reuters.

Selain itu, kata Lapid, Israel juga tengah menjajaki upaya normalisasi hubungan dengan sejumlah negara kecil lainnya yang ditargetkan disepakati dalam dua tahun mendatang.

Seperti diketahui, Arab Saudi dan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina.

Dalam beberapa tahun terakhir rumor normalisasi hubungan antara Israel dengan Arab Saudi dan Indonesia terus menguat.

Utusan AS dikabarkan bertemu Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, pada 2021 lalu membicarakan upaya normalisasi dengan Israel.

Isu normalisasi dengan Israel juga dibahas Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, saat bertemu dengan Menlu RI Retno Marsudi di Jakarta pada Desember 2021.

(BACA JUGA: Tentara Israel Tembak Mati Jurnalis Palestina)

Baru-baru ini, media Israel mengungkapkan sederet pertemuan rahasia pejabat Israel dan Indonesia terus berlangsung guna memperkuat kerja sama kedua negara, terutama dalam bidang pertanian.

 

Admin
Penulis