News

Pasien Omicron Lolos Karantina, Kok Bisa? Ini Penjelasan Menkes

fin.co.id - 27/12/2021, 18:29 WIB

Pesawat milik maskapai Citilink terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Bandara Sam Ratuangi, Manado, Sulawesi Utara

JAKARTA - Satu pasien Omicron lolos dari karantina di Wisma Atlet. Suka tidak suka, Ini Kementerina Kesehatan (Kemenkes) telah kecolongan. Bagaimana kronologis lolosnya pasien itu?

"Yang karantina itu, ada satu perempuan datang dari Inggris. Saat dites hasilnya positif. Dia minta tes pembanding dan hasilnya negatif. Karena itu, dia minta keluar berdasarkan tes yang negatif," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (27/12).

Dari hasil negatif tersebut, pasien diberi izin isolasi mandiri oleh Dinkes DKI. Namun, setelah isolasi lima hari, pasien tersebut positif terpapar varian Omicron.

"Lima hari kemudian diketahui, hasil tes positifnya Omicron. Jadi kita kejar lagi yang bersangkutan. Kita tes lagi semua. Alhamdulillah sudah negatif," imbuh Budi.

Seperti diketahui, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap ada satu pasien Corona varian Omicron yang lolos dari karantina di Wisma Atlet. Dia menyebut orang tersebut lolos dari karantina bersama keluarganya. Dia meminta peristiwa ini tak terjadi lagi. Karena itu, pemberian dispensasi karantina dilakukan lebih ketat. (rh/fin)

Admin
Penulis
-->