-advertisement-
-advertisement-
HomeHukum dan KriminalPraperadilan Dikabulkan, Kejaksaan Diminta Segera Bebaskan Kadis ESDM Riau

Praperadilan Dikabulkan, Kejaksaan Diminta Segera Bebaskan Kadis ESDM Riau

JAKARTA – Status tersangka Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau non aktif Indra Agus Lukman dibatalkan hakim tunggal Pengadilan Negeri Teluk Kuantan Yosep Butar Butar.

Status tersangka dan penyidikan kasus dugaan korupsi Bimtek dan akselarasi ke Babel pada Dinas ESDM Kuansing tahun 2013 dinyatakan tidak sah dalam sidang praperadilan yang dilayangkan
Indra Agus Lukman.

Kuasa hukum Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau non aktif Indra Agus Lukman, Bangun Sinaga meminta Kejaksaan untuk segera mengeluarkan kliennya dari tahanan.

“Kami selaku kuasa hukum meminta kejaksaan untuk patuhi apa yang menjadi putusan hakim dalam praperadilan, artinya kami meminta kejaksaan untuk mengeluarkan klien kami,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (28/10).

Dia juga berharap Kejaksaan sebagai aparat penegak hukum dapat memberikan contoh dalam menegakan hukum harus putih dengan keputusan hukum yakni putusan pengadilan.

Saat ini, kata Bangun yang merupakan advokat muda, pihaknya sedang menyiapkan apa yang menjadi kebutuhan untuk mengeluarkan kliennya dari balik jeruji besi. “Sedang siapkan menunggu petikan putusan dan meminta surat kejaksaan agar lapas mengeluarkan klien kami,” tutupnya.

Praperadilan Dikabulkan

Gugatan praperadilan yang dilayangkan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau non aktif Indra Agus Lukman dikabulkan Hakim tunggal Yosep Butar Butar.

Dengan dikabulkannya gugatan praperadilan maka, status tersangka kasus korupsi Bimtek dan akselarasi ke Babel pada Dinas ESDM Kuansing tahun 2013, dinyatakan gugur.

“Mengabulkan permohonan praperadilan untuk seluruhnya. Menyatakan surat penetapan tersangka Kepala Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi atas nama Indra Agus Lukman tidak sah dan cacat hukum dengan segala tindakan hukum yang ditimbulkannya,” katanya saat membacakan putusan, Kamis (28/10).

Kemudian, hakim menyatakan surat penahanan Kajari Kuansing terhadap Indra Agus Lukman tidak sah. Karena tidak sah, hakim memerintahkan termohon untuk membebaskan Indra Agus Lukman. “merintahkan termohon untuk membebaskan tersangka setelah putusan diucapkan,” tegasnya.

Diektahui, Kejari Kuansing menahan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau, Indra Agus Lukman terkait kasus dugaan korupsi, Selasa (12/10).

Indra Agus Lukman ditetapkan tersangka dugaan korupsi kegiatan Bimtek dan Pembinaan Bidang Pertambangan serta akselerasi di Dinas ESDM Kuansing ke Bangka Belitung tahun 2013-2014. (lan/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-advertisement-
-advertisement-