-advertisement-
-advertisement-
HomeEkonomiWamentan Harvick: Santri dan Petani Satu Tarikan Nafas Perjuangan

Wamentan Harvick: Santri dan Petani Satu Tarikan Nafas Perjuangan

 

 

JAKARTA – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi melakukan lawatan ke Jombang, Jawa Timur dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021.

Dalam lawatannya ke Jombang, Harvick melakukan beberapa kunjungan. Yaitu, ke beberapa makam tokoh Nahdlatul Ulama diantaranya  ke Makam KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim,  KH Abdurrahman Wahid, KH Abdul Wahab Chasbulloh,  KH Bisri Syansuri dan KH Aziz Masyhuri.

Menurut Harvick berziarah ke makam tokoh NU bukan sekedar tradisi tapi juga dimaknai sebagai perjalanan napak tilas perjuangan para tokoh yang sudah berjasa untuk bangsa ini.

Hari Santri Nasional yang jatuh setiap 22 Oktober, merupakan momentum penetapan resolusi jihad melawan pasukan kolonial di Surabaya. Dia juga menegaskan peranan santri sangatlah strategis bagi bangsa kita saat itu mempertahankan kemerdekaan.

BACA JUGA: Wamentan Harvick: Infrastruktur Penting untuk Pertanian

Dia melanjutkan peran santri ini juga sejalan dengan peran petani dari masa ke masa. Tokoh muda NU ini juga menyitir perkataan Hadratussyekh Hasyim Asy’ari menerangkan bahwa petani adalah benteng terakhir bagi pertahanan negeri.

Bukan hanya itu, pendiri NU ini juga menulis sebuah artikel berjudul Keoetamaan Bertjotjok Tanam Dan Bertani. Artikel tersebut ditambah dengan judul kecil Andjoeran Memperbanyak Hasil Boemi dan Menjoeboerkan Tanah, Andjuran Mengoesahakan Tanah dan Menegakkan Ke’adilan. Kesemuanya menjelaskan peran penting petani bagi bangsa ini.

“Jadi santri dan petani satu tarikan nafas perjuangan dalam sejarah bangsa ini,” ujar Wamentan Harvick dalam keterangan yang Fin.co.id terima, Kamis (21/10/2021). (git/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-advertisement-
-advertisement-