-advertisement-
-advertisement-
HomeHukum dan KriminalNyebar Hoaks Untungnya Rp2 Miliar

Nyebar Hoaks Untungnya Rp2 Miliar

JAKARTA – Tiga pengelola kanal YouTube Aktual TV telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus produksi berita bohong atau hoaks. Hasil keuntungan menyebarkan berita hoaks mencapai Rp2 miliar.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi mengungkapkan konten-konten dalam kanal YouTube tersebut merupakan konten provokatif yang dapat memecah persatuan bangsa dan negara.

“Kontennya terdiri dari fitnah, adu domba antara TNI-Polri, dan provokasi. Kontennya ini diupload dan disebar lagi ke media sosial lain, sehingga viral dan jika diterima masyarakat yang memiliki tingkat literasi rendah maka akan berbahaya,” jelasnya dikutip laman resmi Polri, Minggu (17/10).

Dari hasil pemeriksaan, tujuan ketiganya membuat konten yaitu untuk mendapatkan keuntungan ekonomi.

“Mereka ternyata mengupload konten provokatif dengan tujuan materi. Pengakuannya, mereka dapat adsense YouTube mulai dari Rp1,8 juta hingga Rp2 miliar,” terangnya.

Diketahui, tiga tersangka masih menjalani penahanan di Rutan Polres Metro Jakarta Pusat. Penyidik juga masih mendalami kasus tersebut, termasuk dengan apakah ada motivasi lain para tersangka memproduksi konten tersebut.

Ketiganya sebelumnya ditangkap di Bondowoso, Jawa Timur pada Agustus 2021 lalu.(gw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-advertisement-
-advertisement-