22, October, 2021

Maroko Stop Bebas Visa WNI Secara Sepihak, KBRI: Abaikan Etika Berdiplomasi yang Baik

JAKARTA – Pemerintah Maroko dikabarkan menghentikan kebijakan bebas visa berkunjung bagi warga Indonesia. Namun disayangkan, penerapan kebijakan tersebut tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Rabat pun menyesalkan tindakan pemerintah Maroko yang memberhentikan bebas visa bagi warga negara Indonesia (WNI) tanpa pemberitahuan.

“Adapun peraturan tersebut dibuat tanpa pemberitahuan resmi kepada KBRI Rabat maupun Kedubes Maroko di Jakarta. KBRI Rabat sangat menyesalkan tindakan Maroko tersebut,” demikian pernyataan KBRI sebagaimana dilansir di laman resmi Kementerian Luar Negeri RI pada Kamis (14/10/2021).

Kementerian Luar Negeri sendiri menyatakan, bahwa Maroko sudah memberlakukan aturan itu sejak Jumat pekan lalu tanpa pemberitahuan terlebih dulu.

KBRI Rabat mengakui bahwa pemerintah Indonesia juga sempat menghentikan sementara bebas visa kepada warga negara Maroko sejak 20 Maret 2020 karena pandemi Covid-19.

Saat itu, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI menangguhkan kebijakan bebas visa bagi warga Maroko dan 168 negara lainnya terkait pandemi Covid-19.

“Kini, aturan itu sudah dicabut. Namun, saat mencabut bebas visa itu, Indonesia sudah memberi informasi terlebih dahulu kepada pihak pemerintah Maroko dan Kedubes Maroko di Jakarta,” tulis KBRI

“Sedangkan apa yang dilakukan oleh pemerintah Kerajaan Maroko saat ini dapat dikatakan sebagai tindakan sepihak yang mengabaikan prinsip berhubungan baik maupun etika berdiplomasi yang baik,” lanjutnya.

Menurut KBRI, akibat tindakan sepihak itu, lima WNI yang tiba di Maroko pada 10 dan 12 Oktober lalu dipulangkan secara paksa. Mereka memasuki wilayah negara itu tanpa memiliki visa.

Untuk itu, KBRI Rabat mengimbau kepada seluruh WNI yang akan melakukan perjalanan ke Maroko untuk mengurus visa di Kedubes Maroko sebelum keberangkatan.

“Diumumkan kepada seluruh WNI yang berencana melakukan perjalanan ke Maroko untuk memproses permintaan visa dari Kedutaan Besar Maroko sebagai syarat masuk ke Maroko yang mulai diberlakukan otoritas Maroko pada Jumat, 8 Oktober 2021,” kata KBRI Maroko melalui unggahan di akun Instagram pada Selasa (12/10).

Maroko merupakan salah satu negara yang memberikan bebas visa bagi WNI. Mereka memberikan bebas visa itu dengan kunjungan maksimal tiga bulan.

Peraturan bebas visa bagi WNI ke Maroko merupakan hasil kesepakatan kedua negara sejak 1960, saat Presiden pertama Indonesia, Sukarno, berkunjung ke negara tersebut. (der/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer