23, October, 2021

Program IISMA 2022 Bakal Gandeng Universitas Top 100 Dunia

JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan, bakal meningkatkan kualitas perguruan tinggi mitra program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Koordinator Program dari Subpokja IISMA, Andi Rahadiyan Wijaya mengatakan, bahwa pada tahun depan, program IISMA akan mengejar negara yang lebih luas dan universitas top 100 kelas dunia.

“Kita mengejar bahwa universitas yang bisa berpartisipasi sebagai partner IISMA itu adalah yang harus ranking 5 besar di negaranya atau dia merupakan top 100 berdasar QS World University Ranking 2022,” kata Andi di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Andi menambahkan, bahwa fokus IISMA tahun depan bakal masih mengirimkan 1.000 mahasiswa, tetapi dengan kualitas dari mitra yang lebih baik. “Tentu saja program value-nya ini harus tetap kita pertahankan,” ujarnya.

Andi menjelaskan, IISMA ini merupakan suatu program pertukaran mahasiswa, mahasiswa Indonesia di semester empat sampai enam bisa mendapatkan beasiswa yang memungkinkan mereka untuk mengambil mata kuliah di universitas top dunia.

“Berbeda dengan program-program pelajar yang lain, mahasiswa dapat mempelajari mata kuliah yang tidak mesti linear dengan program studinya,” terangnya.

Menurut Andi, antusiasme para mahasiswa Indonesia dalam mengikuti program ini pun sangat besar. Ia menyebut, terdapat sekitar 2.500 mahasiswa yang sudah mendaftar IISMA dan berasal dari 172 perguruan tinggi Indonesia.

“Adapun penerima beasiswa itu untuk saat ini sebanyak 970 mahasiswa dari 98 perguruan tinggi di Indonesia,” pungkasnya. (der/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer