23, October, 2021

Serunya Pelatihan Multimedia Pembelajaran Daring PGSD Universitas Esa Unggul

JAKARTA – Hampir mendekati 1,5 tahun lamanya pandemic Covid-19 melanda dunia. Berbagai kegiatan di berbagai bidang mendadak harus beradaptasi dengan kondisi New Normal. Hal ini juga tidak terlepas dalam penyelenggaraan di bidang Pendidikan yang harus tetap berjalan. Pendidikan intinya tidak boleh berhenti. Pembelajaran daring merupakan solusi yang diusung pemerintah, baik dilakukan ditingkat sekolah dasar, menengah, sampai perguruan tinggi.

Untuk membahas hal tersebut Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Esa Unggul menggelar Pelatihan Multimedia dalam Pembelajaran Daring, bersama SDN Jelambar Baru 01 Pagi, Rabu, 28 Juli 2021. Dr. Harlinda Syofyan, S.Si., M.Pd sebagai ketua tim dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, menyatakan bahwa banyak hal yang wajib diadaptasi oleh guru, siswa dan orang tua dalam menjalankan pembelajaran daring ini.

“Adaptasi teknologi, adaptasi terhadap situasi pembelajaran yang berubah dari tatap muka beralih kepada pembelajaran online (daring). Adaptasi ini antara lain mengarabkan diri dengan teknologi, agar mampu melaksanakan pembelajaran, hal ini baik dilakukan oleh guru, siswa dan orangtua yang terlibat secara langsung,” terang Harlinda.

Selain itu, lanjut Harlinda keterampilan guru menggunakan perangkat elektronik dan keterampilan membuat media untuk menarik perhatian sekaligus memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran daring sangat dibutuhkan saat ini.

“Hasil survey dan observasi yang sudah dilakukan pada SDN Jelambar Baru 01, yang merupakan sekolah mitra dari FKIP Universitas Esa Unggul dalam kegiatan Tridharma, mendapati bahwa guru-guru membutuhkan pelatihan multimedia ini untuk menunjang tugas mengajar mereka setiap harinya,” ucapnya.

Kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Dr. Harlinda Syofyan, S.Si., M.Pd yang beranggotakan rekan dosen yakni Ibu Dr. Ratnawati Susanto, S.Pd., MM., M.Pd.,M. Bahrul Ulum, M. Kom, dibantu oleh Bpk Sawali, M. Kom, serta melibatkan beberapa mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yakni Ratih, Reza Novayulianti, Tri Lestari, Riska Handini, serta Fikri Haikal.

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Sekolah Hj. Yoyoh Rosanah, M.Pd., beserta guru-guru di SDN Jelambar Baru 01 dan juga dihadiri oleh sejumlah mahasiswa PGSD Universitas Esa Unggul. Pelaksanaan program ini juga dilakukan pada saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan tetap mematuhi protokol covid-19, maka pelaksanaannya dilakukan secara daring.

Pada kesempatan ini, pemateri adalah M. Bahrul Ulum, M.Kom dan Sawali, M. Kom membantu memperagakan penggunaan aplikasinya. Kemudian dilanjutkan dengan mempergakan pembuatan video pembelajaran dengan memakai aplikasi Powtoon, yang disampaikan oleh Ratih dkk sebagai tim mahasiswa yang mengusung pembuatan media dalam Tugas Akhir mereka. Dengan diberikan pelatihan tentang pembuatan multimedia ini, guru-guru diharapkan terinspirasi untuk membuat multimedia yang kreatif dan inovatif serta sekaligus mengasah kompetensi guru dalam profesionalisme pengajarannya.(man/fin/rls)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer