-advertisement-
-advertisement-
HomeEkonomiProgres Restrukturisasi Utang Anak Usaha Waskita Capai Rp16,62 Triliun

Progres Restrukturisasi Utang Anak Usaha Waskita Capai Rp16,62 Triliun

 

JAKARTA – PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode saham: WSKT) berhasil melakukan restrukturisasi utang anak perusahaan senilai Rp61,62 triliun dari total sebesar Rp20,42 triliun. Jumlah itu terdiri dari restrukturisasi utang empat anak usaha perseroan.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Waskita Karya, Destiawan Soewardjono dalam agenda public expose yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (8/10/2021).

Menurut Destiawan, dari empat anak usaha Waskita Karya, tiga diantaranya telah berhasil di restrukturisasi utangnya. Tersisa satu anak usaha lagi dan targetnya akhir tahun ini atau awal 2022 mendatang, proses tersebut sudah selesai.

“Restrukturisasi utang anak usaha yang tiga anak usaha sudah selesai dan tinggal satu anak usaha yang kami ditargetkan bisa selesai akhir tahun ini atau awal tahun 2022,” ungkap Destiawan.

BACA JUGA: Waskita Raih Kontrak Pembangunan Pengendali Banjir Dan Rob Rp460 M

Restrukturisasi utang anak perusahaan Waskita merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mengatasi jeratan utang yang jumlahnya mencapai Rp90 triliun pada 2019 lalu selain aksi korporasi lainnya yaitu divestasi 13 ruas jalan tol yang dimiliki perseroan.

“Restrukturisasi anak usaha bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Mengutip Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), sejak Juli 2021 lalu, perseroan tercatat telah melakukan enam kali perjanjian restrukturisasi utang sebesar Rp 15,7 triliun terhadap enam anak dan cucu usahanya.

Adapun restrukturisasi yang telah dilakukan  WSKT antara lain, PT Trans Jabar Tol (TJT), anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) yang telah menandatangani perjanjian relaksasi fasilitas kredit investasi dan perjanjian kredit investasi interest during construction (KI-IDC) sebesar Rp 1,82 triliun pada Selasa, 29 Juni 2021.

Selanjutnya yaitu, PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM), anak usaha WTR telah menandatangani restrukturisasi kredit sindikasi senilai Rp 3,50 triliun pada 25 Juni 2021.

Kemudian, PT Waskita bumi Wira (WBW), anak usaha WTR, menandatangani restrukturisasi kredit sindikasi sebesar Rp 4,7 triliun pada 25 Juni 2021. Disusul,  PT Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) yang melakukan penandatangan restrukturisasi utang sindikasi sebesar Rp 4,55 triliun sejak 31 Mei 2021.

Selanjutnya, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) menandatangani restrukturisasi utang dengan PT Bank BJB Tbk (BJBR) pada 28 April 2021. Nilai utang yang direlaksasi sebesar Rp 998,22 miliar.

Terakhir yaitu, PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI), anak usaha WSKT, menandatangani restrukturisasi kredit modal kerja dan kredit investasi dengan nilai Rp 156,29 miliar pada 28 April 2021. (git/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-advertisement-
-advertisement-