22, October, 2021

Polemik Lelang Jabatan Kesetjenan DPR RI, Pengamat: Pak Sekjen Jangan Serakah!

JAKARTA – Polemik lelang jabatan di Sekretariat Jendral DPR RI memantik reaksi sejumlah pihak. Sejumlah pengamat mulai angkat bicara. Terlebih, isu ini sudah mencuat ke publik.

Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi misalnya. Ia meminta kepada Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Indra Iskandar untuk tidak serakah dan berfokus mengurus lembaga yang dipimpinnya.

“Pak Sekjen jangan serakah! Fokus saja pada jabatan Sekjen DPR, lebih baik, agar kinerja lembaga tersebut lebih optimal. Bukan turut sibuk berpolitik atau mengurus BUMN atau lainnya,” Kata Uchok, saat dikonfirmasi, Jumat (17/9).

Pegiat anti korupsi ini pun juga mengkritik keras soal lelang jabatan yang mulai ramai dan disorot masyarakat karena diduga ada kongkalikong serta sarat kepentingan di dalamnya.

“Proses lelang jabatan tingkat Eselon I dan II di lingkup sekretariat jenderal Dewan Perwakilan Rakyat yang diduga tidak transparan itu lebih baik dibatalkan. Karena sudah banyak komplain tidak valid, merugikan banyak orang. Jangan nekat, ketimbang citra DPR jadi terpuruk,” tegas Uchok.

Diberitakan sebelumnya, seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi di lingkup Sekretariat Jenderal DPR RI jadi sorotan. Proses seleksi tersebut diduga tidak transparan dan berpotensi melanggar aturan.

Dalam sejumlah pemberitaan selama sepekan terakhir (10-16 September), seseorang yang mengaku pernah mengikuti seleksi lelang jabatan akan mempermasalahkan hasil tersebut. Ia juga mengaku kecewa dan akan menggugat ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN). (khf/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer