22, October, 2021

Bahas Post Covid-19 Pandemic, UEU Kolaborasi dengan Kemlu dan Universitas Terkemuka

JAKARTA – Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Esa Unggul berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri RI dan sejumlah Universitas terkemuka lainnya yaitu Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Paramadina, Institut Kesenian Jakarta, Universitas Agung Podomoro, dan Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya menggelar Webinar bertajuk “Sesudah Pandemik: Aktivitas Kreatif sebagai Upaya Meningkatkan dan Menjaga Imunitas” pada Selasa, 13 September 2021.

Setelah menyanyikan Lagu Indonesia Raya bersama dan Pembacaan Doa, Webinar ini dibuka oleh Kepala Biro SDM Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Bapak Winanto Adi. Dalam welcoming speech-nya beliau menyampaikan banyak hal, mulai dari Makna Lagu Indonesia Raya yang dapat ditarik relevansinya dengan situasi jelang Post Covid-19 Pandemic atau New Normal hingga sikap dan aktivitas kreatif yang diperlukan dalam memasuki masa Post-Pandemic Covid-19 ini.

“Ada beberapa hal, sikap, dan aksi yang diperlukan dalam memasuki masa post-pandemic Covid-19 yaitu kreatif, adaptive, aiguille atau luwes, kolaboratif, mengubah karakter bisnis, mengubah pola kerja menjadi tidak perlu lagi terus menerus work from office, melainkan dapat dilakukan work from home, maupun work from everywhere, kemudian menyesuaikan pola hidup dan lain-lainnya, hal-hal ini dapat dipastikan akan berubah atau bergeser apabila dibandingkan dari masa Pra-Covid19 dengan masa Post-Covid19 atau yang kita sebut New Normal nanti.” Terang Winanto Adi.

“Maka dari itu hal-hal inilah yang akan sangat menarik dan akan dikupas oleh para narasumber dalam acara webinar ini, karena akan sangat bermanfat bagi kita semua di dalam menjalani masa-masa menjelang Post-Covid19 atau New Normal yang sudah harus di siapkan pada saat ini.” Tambahnya lagi.

Pada Webinar ini Dekan Fakultas Desain & Industri Kreatif Universitas Esa Unggul, Karna Mustaqim, S.Sn, M.A, Ph.D menjelaskan bahwa Webinar ini diselenggarakan selain sebagai bentuk konkret kolaborasi Universitas Esa Unggul dengan Lembaga dan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia, juga dibentuk sebagai wadah perbincangan berkualitas dimana para speaker atau narasumber yang ahli di bidang-bidangnya akan memaparkan inspirasi maupun mengeksplorasi ide-ide mengenai aktivitas kreatif yang dapat diterapkan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas seseorang dalam menghadapi kejemuan-kejemuan dan hal-hal tidak terduga, serta perubaha-perubahan drastis yang terjadi selama Pandemi Covid-19 berlangsung maupun ketika masa Post-Covid19 atau New Normal kedepannya nanti, terutama dalam sisi psikologis atau kejiwaan dan dunia kreatif. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan ide-ide aktivitas kreatif ini justru berpotensi menjadi peluang-peluang untuk menicptakan hal baru yang bernilai ekonomi.

Para speaker yang dihadirkan dalam Webinar ini yakni Gilang Cempaka M.Sn, selaku Dekan Fakultas Ilmu Rekayasa Universitas Paramadina, Oskar Judianto, S.Sn., MM, M.Ds selaku Wakil Dekan Fakultas Desain & Industri Kreatif Universitas Esa Unggul, Dr. Dhientia Andani selaku Dosen Fakultas Desain Universitas Prasetiya Mulya, Anindyo Widito, M.Sn, sebagai Dosen Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta, Dina Lestari, S.Pd., M.Sn. sebagai Dosen Desain Produk Universitas Agung Podomoro, dan Thomas Hanandry, ST., MT, selaku Dosen Fakultas Desain Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Surabaya. Webinar ini berlajan dengan lancar dan dihadiri oleh ratusan peserta dan mahasiswa dari seluruh Indonesia. (nrm/rls/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer