17, October, 2021

Ustad Sofyan Bilang Wisata ke Candi Borobudur Haram, Eko Kuntadhi: Gerombolan Wahabi Kacau!

JAKARTA- Pegiat media sosial, Eko Kuntadhi menyindir ceramah Ustad Sofyan Chalid Ruray yang mengatakan, hukum berwisata ke Candi Borobudur adalah haram dalam Islam. Eko Kuntadhi menyebut kelompok Ustad Sofyan sebagai wahabi yang berpikiran kacau.

“Gerombolan Wahabi ini mikirnya kacau. Kemarin mereka ngaku Borobudur buatan Nabi Sulaiman. Tapi sekarang mengharamkan ke Borobudur,” cuit Eko Kuntadhi di Twitter-nya dikutip Selasa (14/9/2021).

Eko Kuntadhi bilang, jika orang-orang seperti mereka berkuasa, negara ini bakal tidak aman.

“Kalau orang-orang ini berkuasa, pasti saling mengkafirkan dan saling bunuh. Gak bakalan adem,” katanya.

Sebelumnya, sebuah video ceramah dari Ustadz Sofyan Chalid Ruray jadi perbincangan di media sosial. Ustadz Sofyan mengatakan, berwisata ke Candi Borobudur hukumnya haram bagi ummat Islam.

Vide itu diunggah pada tahun 2018 lalu. Namun di kaanal YouTube Bismillah Everything, namun kembali viral pada Senin (13/9/2021).

Ustadz Sofyan Chalid Ruray menjawab pertanyaan jamaahnya yang dibaca melalui selembar kertas. Pertanyaan itu terkait berwisata atau berkunjung ke tempat Ibadah non muslim, seperti Candi Borobudur.

“Hukumnya haram. Karena itu termasuk persetujuan kepada peribadahan mereka,” katanya dikutip FIN Senin (13/9/2021).

Ustadz Sofyan, Allah di dalam Alquraan melarang orang Islam duduk bersama orang-orang yang menghina Allah.

“Makanya kita nggak boleh duduk-duduk bersama orang yang menghina agama. Alla mengatakan: kalau kamu duduk bersama mereka, maka kamu bersama mereka,” ujar Ustad Sofyan.

“Kenapa, hadirnya kita di situ berarti persetujuan terhadap dia. Kalau kita datang ditempat peribadatang orang kafir, sama saja berarti setuju dengan mereka. walapun hati kita tidak setuju,” sambungnya.(dal/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer