17, October, 2021

KPK Pede Buktikan Dakwaan Eks Penyidiknya di Persidangan

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) percaya diri dengan surat dakwaan eks penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dan pengacara Maskur Husain yang disusun Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, surat dakwaan disusun berdasarkan hasil proses penyidikan. Perihal rangkaian fakta-fakta mau pun perbuatan para terdakwa, ia memastikan, bakal dibuktikan di persidangan.

“Mengenai materi perkara tentu tidak bisa kami sampaikan saat ini karena berikutnya semua fakta-fakta rangkaian perbuatan para terdakwa sebagaimana hasil penyidikan kami pastikan akan dibuktikan oleh jaksa di persidangan,” kata Ali, Senin (13/9).

Dirinya menyatakan, seluruh alat bukti dan hasil pemeriksaan selama penyidikan bakal diperlihatkan dan dikonfirmasi kembali kepada para saksi.

Termasuk, sambungnya, ihwal keterlibatan sejumlah nama yang muncul dalam surat dakwaan Robin dan Maskur. Menurut dia, KPK bakal menindaklanjuti hal itu.

“Semua alat bukti dan juga hasil pemeriksaan selama penyidikan akan diperlihatkan dan kembali dikonfirmasi kepada para saksi termasuk tentu dugaan keterlibatan beberapa pihak yang disebutkan dalam surat dakwaan tersebut juga akan didalami lebih lanjut,” ucapnya.

Ali pun mengajak masyarakat untuk mengikuti proses persidangan Robin yang terbuka untuk umum.

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer